Depok

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Polres Metro Depok Kombes Azis Ardiansyah dan Kodim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, meninjau beberapa sarana publik dalam rangka persiapan menuju New Normal. Salah satunya mal yang ada di Jalan Margonda. Pada prinsipnya Mal Detos dan Pusat Pembelanjaan ITC Depok telah siap memberikan pelayanan dan menunggu intruksi dari Pemkot Depok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, dari hasil pemantauan dua mal yaitu Detos dan ITC telah menyatakan kesiapannya, khususnya mengikuti protokol kesehatan. Untuk pembukaan mal di Kota Depok harus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan wilayah pusat yakni DKI Jakarta. “Paling cepat pembukaan mal 16 Juni,” kata Idris, Kamis (4/6).

Wali Kota Depok menjelaskan, pembukaan mal pada 16 Juni dilihat dari jumlah kunjungan dari kelas menengah ke atas dari Jakarta, serta perkembangan di Kota Depok.

Akan tetapi untuk keseluruhan pembukaan mal, berdasarkan angka reproduksi efektif di Kota Depok di bawah angka satu persen, mal di Kota Depok telah siap mengikuti protokol kesehatan.

Pemkot Depok menerima laporan kesiapan mal baik pengunjung dari menengah ke bawah maupun ke atas. Sejumlah pengelola mal memprediksi akan dibuka 5 Juni, pada akhirnya Pemkot Depok sendiri menginstruksikan untuk dibuka pada 16 Juni sama dengan Jakarta.

“Tidak boleh dibuka pada 5 Juni, karena kami melihat tren perkembangan virus Korona (Covid-19) di Kota Depok,” katanya.

“Pemerintah Kota Depok ingin mengimbangi krisis kesehatan guna mencegah munculnya krisis lain, yakni krisis ekonomi di Kota Depok,” tegas Idris. (*)