Keren Nih, Andien Ngejazz di Lawang Sewu

Argo Muria Festival

Kastara.id, Jakarta – Tentu Ini akan menjadi sensasi yang tidak biasa sekaligus luar biasa. Ya, kita akan diajak menyaksikan Andien ngejazz di Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah.

Andien akan unjuk kebolehan di festival musik bernuansa wisata bertajuk Argo Muria Festival. Event ini diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan akan berlangsung pada Sabtu, 14 Juli 2018.

Festival perdana ini bertajuk Argo Muria Festival with Andien. VP Pemasaran Angkutan Penumpang KAI Agus Dwinanto Budiadji menjelaskan alasan kenapa dinamakan Argo Muria Festival with Andien karena untuk mengangkat kembali kereta Argo Muria yang beroperasi pertama kali pada 22 Desember 1997 dengan relasi Jakarta-Semarang.

“Argo Muria menjadi salah satu kereta termewah dan merupakan salah satu rangkaian kereta bersejarah mengikuti transformasi perjalanan PT KAI sampai seperti sekarang ini,” terang Agus yang akrab disapa Bobby kepada pers terkait festival tersebut di Resto The Hook, Jakarta Selatan, Selasa (3/7).

Lalu kenapa memilih Andien Aisyah sebagai penampil utama festival ini, lebih karena Andien memiliki album Metamorfosa tentang perjalanan karier bernyanyinya yang selama 17 tahun hingga berada di posisi seperti saat ini.

Argo Muria Festival

“Andien memiliki kesamaan dengan PT KAI yang mengalami proses transformasi dan metamorfosa sampai seperti ini. Selain itu banyak orang PT KAI termasuk saya juga nge-fans sama Andien,” jelas Bobby.

Sedangkan pemilihan Lawang Sewu sebagai venue festival ini juga ada alasannya. “Itu heritage yang menyimpan cerita panjang Kota Semarang. Setelah kemerdekaan, Lawang Sewu juga pernah digunakan sebagai kantor PT KAI,” terang Bobby.

Yang tidak kalah menarik, festival ini terbuka untuk umum dan pengunjung tidak dikenakan biaya selain tarif masuk lokasi Lawang Sewu. Festival yang akan digelar sejak siang ini juga akan diramaikan dengan opening act dari tiga jazzy station performer, pameran budaya, pameran kereta api, bazaar kuliner, dan penampilan penyanyi/band lokal.

Festival ini akan digelar dua kali dalam setahun dengan nama festival, venue, dan penampil utama yang berbeda.

“Nama festivalnya akan disesuaikan dengan merek kereta jarak jauh yang kami miliki. Misalnya nanti Argo Parahyangan Festival with… dengan venuenya di Bandung. Argo Parahyangan itu nama kereta PT KAI relasi Jakarta-Bandung dan sebaliknya. (hero)