Kastara.id, Jakarta – Asuransi Astra menerima Service Quality Award yang kesepuluh kalinya dalam kategori Car Insurance dan Car Insurance for Corporate Customers untuk produk Garda Oto. Majalah Service Excellence bekerja sama dengan Carre – Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre–CCSL) memberikan penghargaan ini kepada perusahaan-perusahaan berbasis pelanggan dari berbagai macam industri yang memiliki dan mengoperasikan service center (contact center dan walk in center) sebagai critical contact service antara pelanggan dengan perusahaan.

Penghargaan diterima langsung Chief Corporate Services Officer Asuransi Astra Ida RM Sigalingging, Kamis, 3 Agustus 2017 di Hotel Mulia, Jakarta. “Penghargaan ini menjadi feedback bagi kami akan layanan simple yang kami upayakan agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat terutama pelanggan Garda Oto. Hal ini menjadi motivasi untuk terus mengembangkan layanan yang semakin baik,” ujar Ida.

Seperti dilansir Majalah Service Excellence, teknologi yang semakin maju memang memudahkan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan hingga dapat dilakukan dalam bentuk virtual dan wireless, tetapi service center sebagai physical contact point tidak dapat dihilangkan. Oleh karena iutu, Carre–CCSL mengadakan riset terhadap 3.500 responden mulai dari Januari hingga Maret 2017 di Jakarta, Surabaya, Medan dan Semarang untuk memperoleh data persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh suatu produk atau perusahaan.

Riset ini dilakukan terhadap responden yang pernah menerima layanan dari suatu produk atau perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

Carre–CCSL memperoleh hasil riset berupa Service Quality Index yang meliputi nilai untuk Perceived Service Quality (PSQ) dan Perceived Service Value (PSV). Nilai PSQ merupakan persepsi pelanggan terhadap layanan yang pernah diterima seperti kemudahan akses service center, prosedur dan elemen yang terkait dengan service, kualitas staff yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan kualitas penanganan complain. Sedangkan PSV menggambarkan persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang yang dikeluarkan dengan service yang mereka dapatkan.

Upaya layanan yang sederhana dari Asuransi Astra seperti Garda Akses dan Garda Siaga yang selalu siaga selama 24/7 kemudian Garda Mobile dengan kemudahan akses yang ditawarkan membuahkan dengan didapatkannya penghargaan ini. (dwi)