MotoGP Ceko 2018Marc Marquez saat menjalani sesi Latihan Bebas kedua di MotoGP Ceko 2018 (3/8). (motogp.com

Kastara.id, Brno – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, hanya mampu finis ke-10 di penutup Latihan Bebas 2 GP Ceko hari pertama (3/8) kemarin. Sementara rekan satu timnya, Dani Pedrosa, sukses mengklaim posisi teratas dan kembali ke performa terbaiknya.

Tapi, itulah Marquez. Dirinya selalu mengorbankan Latihan Bebas hari pertama setiap serinya untuk menjajaki ban dengan performa terbaik. Secara bertahap Marquez akan mengejar lap tercepat di hari kedua dan terutama saat kualifikasi, kemudian akan menggila habis-habisan di hari balapan berlangsung.

Begitulah konsep dan ritual The Baby Alien di setiap menghadapi akhir pekan balap. “Kami memulai FP (latihan bebas, red) dengan persiapan yang bagus karena kami sempat melakukan tes yang sangat bagus di sini sebulan lalu. Kondisinya berbeda karena sekarang sangat panas dan itu berarti kami harus menyesuaikan persiapan lagi,’ ungkap Marquez.

“Kami telah mengusahakannya, dan kami sudah terbiasa menghabiskan seluruh sesi Latihan Bebas hari pertama untuk menjajal semua jenis ban. Jadi saya tak fokus ke waktu
lap tercepat,” kata Marquez usai sesi berlangsung.

Dengan pilihan ritme kualifikasi seperti itu, posisi Marquez memang sedikit tertinggal. Tapi dirinya tetap berupaya dengan baik dalam ritme balap dan tetap berupaya agar cukup dekat dalam hal gap antar pembalap. “Jadi, mari kita lihat apa yang akan terjadi pada hari kedua ini. Ada juga yang bilang kalau di hari balap besok kemungkinan akan turun hujan, tapi saya berharap tidak,” ungkapnya.

“Saya berharap besok akan berlangsung balapan kering, meski kondisinya sangat panas. Yang penting minim resiko,” pungkas Marquez. (dwi)