Honda Forza 250

Kastara.id, Tangerang – Akhirnya Honda Forza 250 resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Tangerang. Skutik bongsor terbaru Honda ini menjadi senjata terbarunya di segmen skutik 250cc menghadapi para pesaing yang sudah meluncur lebih dulu.

Tak pelak Yamaha Xmax dengan dimensi dan kapasitas mesin setara bakal head to head dengan Forza. Xmax yang hadir lebih dulu telah mendapat respons positif dari masyarakat.

Menurut Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, diluncurkannya sepeda motor premium Honda di GIIAS 2018 menjadi bagian upaya AHM menemani gaya hidup kelas atas melalui sepeda motor premium dengan teknologi dan mesin terbaik di kelasnya.

“Kami ingin konsumen kami memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan partner berkendara yang sesuai dengan karakter, kebutuhan, serta gaya hidup mereka,” ungkap Thomas.

Jika menilik aspek desain secara keseluruhan, Honda Forza diyakini akan mampu menghadapi Yamaha Xmax. Apalagi dengan tampilan layaknya skutik modern dan bersudut tajam membuatnya tampil lebih agresif.

Namun yang cukup membebaninya adalah dari sisi harga. Jika dibandingkan dengan harga skutik pesaingnya di kisaran Rp 57,8 juta, Forza 250 justru dilego AHM di kisaran harga Rp 70. Harga yang terpaut cukup signifikan tersebut lantaran Forza 50 masih diimpor utuh dari Thailand. Beda dengan Xmax yang sudah diproduksi di dalam negeri, bahkan diekspor ke mancanegara.

Menilik spesifikasi Honda Forza 250, bisa disebut sudah cukup mumpuni berhadapan dengan Xmax. Desainnya tampak mewah berkat lampu LED di semua pencahayaan dari lampu depan, lampu belakang, hingga lampu pada cover spion.

Honda Forza menjadi yang pertama di kelasnya yang memiliki fitur electrical adjustable windscreen yang mengatur ketinggian windshield. Demikian pula dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi sebagai pengontrol traksi untuk mencegah terjadinya ban slip.

Sementara kombinasi panel meter digitalnya tampil dengan aksen krom mewah di sisi spidometer yang lengkap mulai dari indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan, dan RPM.

Fitur canggih Honda Smart Key System sudah terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Makin nyaman dengan DC socket pada konsol bagian depan.

Fitur penunjang lainnya adalah passing lamp dan hazard pada kondisi darurat. Sementara bagasinya yang ekstra besar mampu mengakomodasi dua helm dan bawaan lainnya.

Forza 250 mengusung mesin 250cc SOHC liquid cooled PGM FI yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 23,2 hp/7500 rpm, lebih besar dibanding Xmax yang tenaga maksimumnya mentok di 20 hp.

Pada sektor kaki-kaki, Forza 250 menggunakan ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. Ditunjang pengereman dengan cakram depan dan belakang yang sudah mengadopsi sistem ABS 2 Channel. (dwi)