MotoGP Ceko 2018Aksi Hafizh Syahrin saat Latihan Bebas di MotoGP Ceko 2018. (motogp.com)

Kastara.id, Brno – Rookie tim satelit Monster Yamaha Tech3, Hafizh Syahrin, meraih hasil positif di Latihan Bebas hari pertama sekaligus pencapaian terbaiknya di MotoGP.

Syahrin berhasil menembus posisi tercepat keempat dalam waktu gabungan dari FP1 dan FP2, tentu ini akan menjadi modal kuat untuk langsung masuk ke QP2 nanti, jika ia berhasil menerobos posisi sepuluh besar lagi di FP3 nanti.

“Pertama, saya tidak percaya apa yang saya lakukan di dua sesi pada hari pertama kemarin,” ujar Syahrin penuh semangat.

“Di sesi kedua saya mencoba meningkatkan waktu lap terbaik saya dan saya percaya bahwa saya dapat meningkatkannya. Dan tim mencoba memberi saya pengaturan
terbaik,” ujar pembalap berusia 24 tahun itu.

“Pada akhirnya, saya punya feeling yang baik dengan motor. Saya mencoba ban kompon keras di bagian depan dan belakang. Pada awalnya saya tidak begitu percaya diri dengan ban kompon keras karena saya pernah mengalami kecelakaan besar di Austin lalu dengan ban tersebut. Tapi bagaimanapun juga, dengan kondisi panas seperti ini saya membuat langkah yang baik,” papar pembalap asal Malaysia itu.

Ada satu hal yang mengejutkan tatkala Syahrin mengakui bahwa dirinya mencoba meniru gaya balap Jorge Lorenzo di Brno ketika masih di Yamaha.

“Saya mencoba berkendara dengan lembut. Kami tahu Lorenzo sangat cepat dengan Yamaha di sini dan saya mencoba meniru gayanya untuk menguasai Brno,” ungkap Syahrin.

Syahrin pun makin bersemangat meraih hasil terbaik di GP Ceko akhir pekan ini, karena ia sangat bernafsu menjadi pembalap pendatang baru terbaik tahun ini. “Sekarang, sepertinya tim punya motivasi penuh untuk meraih gelar “Rookie of the Year”. Saya sangat termotivasi dan saya berharap akhir pekan ini saya dapat mengambil banyak poin dan mencoba meninggalkan rookie kedua di klasemen sementara dengan gap yang besar,” harapnya. (yan)