Vaksin COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Anggota DPR RI Lucy Kurniasari bersama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan talk show di Sukomanunggal, Surabaya (3/8). Tema yang diusung Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam Mencegah dan Menurunkan Stunting.

Menurut Lucy, talk show dengan tema berbeda sebelumnya sudah di Sambikerep, Jambangan, Gubeng, dan Krembangan. Kegiatan talk show ini akan dilaksanakan di 31 kecamatan se Surabaya.

“Melalui talk show ini diharapkan agar warga Surabaya menjadi mengerti pentingnya melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sehingga dapat menekan stunting di Indonesia, khususnya di Surabaya,” jelas Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya ini.

Selain itu, tambah Lucy, talk show ini untuk mengedukasi remaja, calon pengantin, dan pentingnya 1000 HPK kepada masyarakat untuk mencegah stunting.

Road show berupa talk show itu untuk mencapai target 14 persen angka stunting di Indonesia pada tahun 2024. Target tersebut ditegaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting,” ungkap Ning Surabaya 1986 ini.

Melalui Peraturan Presiden tersebut, Lucy mengharapkan terjalin sinergisitas antarkementerian dan lembaga negara baik di pusat maupun di daerah dengan BKKBN sebagai leading sector.

“Khusus di Surabaya, melalui road show berupa talk show di 31 kecamatan diharapkan zero stunting dapat terwujud,” ujar Lucy yakin.

Untuk itu, Lucy melibatkan 31 Ketua DPAC Partai Demokrat untuk diedukasi agar dapat menjadi perpanjangan tangan dan bekerja sama denga Kader Surabaya Hebat menurunkan stunting di Surabaya.

“Kolaborasi dan sinergisitas Ketua DPAC dengan Kader Surabaya Hebat untuk memastikan kebutuhan gizi, perkembangan tumbuh kembang anak, imunisasi, dan periode emas kehidupan anak dapat terwujud di Surabaya,” tandas Anggota DPR dari Dapil Surabaya dan Sidoarjo ini. (dwi)