Kastara.id, Jakarta – Ketua DPR RI Setya Novanto mengapresiasi berbagai langkah Presiden Joko Widodo untuk memberikan bantuan kepada etnis Rohingya yang sedang tertimpa musibah di Myanmar.

“Saya mengapresiasi langkah cepat Presiden Joko Widodo terkait tragedi pada etnis Rohingya di Myanmar,” ujar Setya Novanto di Jakarta, Senin (4/9).

Menurut Novanto, sejak Januari 2017, pemerintah Indonesia telah mengirim 10 kontainer bantuan makanan, obat-obatan, dan membangun sekolah, dan pada Oktober tahun ini merencanakan pembangunan Rumah Sakit di Myanmar.

Pemerintah juga menyambut dengan tangan terbuka para pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke wilayah Indonesia. “Ketika banyak negara menolak pengungsi Rohingnya, Indonesia justru menyambutnya dengan tangan terbuka,” katanya.

Tak hanya itu, Presiden juga mengintruksikan Duta Besar Indonesia di Bangladesh untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi. Sebagai wujud solidaritas bangsa Indonesia terhadap saudara-saudara kita yang sedang menghadapi tragedi kemanusiaan.

“Ini murni sebagai solidaritas, melewati sekat-sekat perbedaan negara dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Novanto. (npm)