COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan penyerahan apresiasi bagi wilayah dengan capaian target vaksinasi tertinggi se-Provinsi DKI Jakarta di Ruang Rapat Sekda, Lantai 4, Blok G Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali meminta semua pihak untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 dengan sebaik-baiknya.

“Hari ini akhirnya kita mencapai sesuatu yang patut diapresiasi. Apresiasi ini untuk disampaikan kepada masyarakat, mudah-mudahan ini objektif. Memang kondisi pandemi COVID-19 di Jakarta sempat cukup membahayakan. Ternyata dengan kerja keras bisa kita tangani sedikit-sedikit. BOR dan ICU sekarang sudah di bawah 20 persen, ini menggembirakan sekali,” ujar Marullah (3/9).

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa situasi dan kondisi dunia masih sangat anomali. Amerika Serikat beberapa hari lalu mengumumkan peningkatan kasus COVID-19 yang mencapai 1.000 persen. Oleh sebab itu, protokol kesehatan COVID-19 harus tetap dilaksanakan, meski kondisi Jakarta semakin baik.

“Prokes bukan hanya untuk melindungi diri, tetapi juga masyarakat (orang lain). Mungkin ada yang kondisinya kuat sehingga bisa pulih, tetapi kan bisa menularkan. Selanjutnya, pemerintah memotivasi semua untuk terus melaksanakan vaksin. Awalnya target Jakarta 8,8 juta, ini sudah tercapai. Sekarang ditingkatkan menjadi 11,4 juta,” ungkapnya.

Adapun apresiasi yang disampaikan pada kesempatan tersebut yakni:
– Kepada Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai kota/kabupaten administrasi dengan persentase capaian vaksinasi tertinggi yakni 84,81 persen dengan bentuk apresiasi pemberian oksigen konsentrator YU 300, dua galon disinfektan, 40 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 20 boks vitamin B kompleks.

– Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai kota/kabupaten administrasi dengan jumlah capaian vaksinasi tertinggi yakni 1.618.785 orang dengan bentuk apresiasi alat rekam jantung merek COMEN, satu galon disinfektan, 40 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 20 boks vitamin B kompleks.

– Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai kota/kabupaten administrasi dengan persentase capaian vaksinasi tertinggi yakni 64, 29 persen dengan bentuk apresiasi alat rekam jantung merek COMEN, satu galon disinfektan, 40 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 20 boks vitamin B kompleks.

– Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan sebagai kecamatan dengan persentase capaian vaksinasi tertinggi yakni 86, 18 persen dengan bentuk apresiasi satu galon disinfektan, 20 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 10 boks vitamin B kompleks.

– Kelurahan Pulau Pari sebagai kelurahan dengan persentase capaian vaksinasi tertinggi yakni 88,35 persen dengan bentuk apresiasi satu galon disinfektan, 20 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 10 boks vitamin B kompleks.

– Kelurahan Kapuk sebagai kelurahan dengan jumlah capaian vaksinasi tertinggi yakni 81.857 orang dengan bentuk apresiasi satu galon disinfektan, 20 boks masker, 50 boks vitamin C, dan 10 boks vitamin B kompleks. (hop)