Kastara.id, Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Kerajaan Arab memberikan apresiasinya terhadap Pameran Indo Defence 2016 yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan RI, di Kemayoran Jakarta. Wamenhan Arab menganggap penting Expo Indo Defence sebagai ajang pameran Militer, terlebih lagi dihadiri oleh pejabat-pejabat negara di dunia.

Apresiasi ini disampaikan Wamenhan Arab Saudi Muhammad Bin Salman saat berkunjung menemui Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, di Kantor Kemhan RI. Jakarta, Jumat (4/11).

Selama di pameran Wamenhan Arab Saudi telah bertemu dengan beberapa industri pertahanan dalam negeri Indonesia untuk berdiskusi mengenai perkembangan yang ada.

Terkait dengan alutsista produksi dalam negeri, khususnya senjata senapan laras panjang, Wamenhan Arab Saudi mengakui untuk kualitas dan keunggulannya dibandingkan dengan negara-negara lain. “Saya pernah mencoba senjata buatan PT yang ada di bandung, dan ternyata senjata itu sangat akurat dan bagus kualitasnya,” kata Wamenhan Salman.

Pada kesempatan pertemuannya dengan Menhan RI, Wamenhan Muhammad Bin Salman menyampaikan setelah kunjungan asisten Menhan Arab Saudi berkunjung ke Indonesia tahun lalu, Arab Saudi dan Indonesia sepakat membuat komite bersama untuk melanjutkan kerjasama pertahanan.

Ditambahkan Wamenhan Arab Saudi, komite ini bertujuan untuk membahas kerjasama bidang perawatan pesawat dan helikopter, bidang untuk melihat kemampuan Indonesia untuk memproduksi senjata ringan, bidang pelatihan dan pendidikan, dan bidang pertukaran informasi.

Wamenhan Arab Saudi mengakui bahwa kerjasama yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Arab Saudi dengan Indonesia berjalan sangat cepat dan berkembang pesat. (raf)