Kastara.id, Jakarta – Aksi unjuk rasa besar-besaran yang berlangsung di pusat Ibu Kota mulai dari Masjid Istiqlal, ‘long march’ menuju Balai Kota DKI Jakarta dan Istana Merdeka terpantau kondusif. Sekitar pukul 14.00 WIB, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pun akhirnya menyambangi mereka yang melintasi di Jalan Merdeka Utara ketika hendak menuju Istana Merdeka.

“Mereka ramah-ramah,” kata Mendagri Tjahjo usai berdialog dengan para demonstran saat keluar mendatangi mereka di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (4/11). “Mari damai. Jaga ketertiban,” kata Tjahjo.

Menteri Tjahjo menyatakan, tak merasa gentar sama sekali saat berhadapan dengan para pengunjuk rasa. Dengan santainya ia keluar dari pagar besi kantor Kemendagri. Dengan hanya didampingi oleh sejumlah pengamanan dalam (Pamdal) dan pengawal pribadi (Walpri) dan beberapa stafnya, dia menyapa para demonstran di sepanjang jalan Merdeka Utara.

Saat berjumpa dengan para massa aksi, Tjahjo mendapat sambutan meriah. Mereka justru mendekati pejabat nomor satu di Kantor Kemendagri ini dengan senyum sumringah. Sambil mengeluarkan ponselnya, mereka kemudian mengambil inisiatif untuk berfoto-foto. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya ber-‘selfie’ ria bersama Menteri Tjahjo.

“Tidak ada hujatan kepada pemerintah. Mereka baik-baik semua,” ujar Mendagri.

Tjahjo mengatakan, awalnya dia ingin ikut jalan bersama para demonstran sampai ke Istana Negara. Namun saat dilihatnya, jumlah massa sudah terlalu padat, akhirnya dia memutuskan untuk kembali ke kantornya. “Tadi saya mau ikut jalan dan dengarkan oratornya bicara. Tapi sudah penuh, ya sudah. Tapi mereka ekspresinya baik, tidak brutal,” katanya.

Menurut Mendagri, ada kemungkinan para demonstran ini menginap di jalan dan terus berunjuk rasa, apabila tuntutan mereka belum menemukan kata sepakat. Makanya, ia sebagai menteri telah menginstruksikan kepada jajaran Kemendagri, khususnya eselon I, II dan III untuk menginap di kantor. Kemendagri bersiaga selama 24 jam selama proses demonstrasi ini. (raf)