Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meninjau langsung sekitaran Jalan Merdeka Utara, Jakarta dimana Istana Merdeka berada. Para demonstran yang berunjuk rasa dikabarkan juga akan melakukan ‘long march’ sampai ke lokasi tersebut nantinya.

Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Didik Suprayitno mengatakan, tadi Mendagri Tjahjo memang keluar dari kantor dan berjalan kaki di sepanjang Jalan Merdeka Utara. Ia memantau langsung lokasi yang nantinya akan dikunjungi para demonstran yakni Istana Merdeka.

“Tadi pak Menteri ingin melihat, apakah demo sampai ke Jalan Merdeka Utara. Saya bilang lokasi Istana ini ada penjagaan ketat. Sepertinya tidak sampai ke Merdeka Utara,” kata Didik, Jumat (4/11).

Selain Istana Merdeka, di Jalan Merdeka Utara memang terdapat sejumlah kantor pemerintahan lainnya seperti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Mahkamah Agung, dan Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD). Polisi juga telah menutup jalan di sepanjang Merdeka Utara.

“Saya tadi bilang, mungkin demo ini hanya akan terjadi di Jalan Merdeka Barat dan Merdeka Selatan, di depannya Balai Kota. Kalau lihat penjagaannya, sepertinya tidak sampai Merdeka Utara,” ujar Didik. (raf)