Sarapan

Kastara.id, Jakarta – Sudah banyak penelitian kesehatan yang mengatakan bahwa sarapan merupakan jam makan yang paling penting. Sebab sarapan menyediakan nutrisi yang tepat bagi tubuh untuk beraktivitas selama seharian. Itulah sebabnya sangat dianjurkan untuk tidak boleh melewatkan sarapan.

Melewatkan sarapan telah dikaitkan dengan beragam risiko kesehatan yang bisa terjadi seperti mengancam metabolisme tubuh, membuat kesehatan hormonal jadi abnormal, serta mempengaruhi mood atau suasana hati. Benarkah demikian?

Memperburuk kesehatan jantung
Menurut beberapa penelitian, mereka yang sering melewatkan sarapan berisiko tinggi untuk terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak. Oleh karena itu sebaiknya rajin sarapan mulai dari sekarang dan pilihlah menu yang sehat agar terhindar dari risiko hipertensi serta penyumbatan arteri.

Meningkatkan risiko diabetes
Tak hanya penyakit jantung, mereka yang melewatkan sarapan juga berisiko tinggi untuk terkena penyakit diabetes.

Menaikkan berat badan
Sarapan bikin gemuk? Salah. Sebab sarapan justru akan menghindarkan dari kenaikan berat badan. Sarapan bisa menurunkan keinginan untuk makan dengan porsi yang besar saat makan siang.

Menyebabkan migrain
Melewatkan sarapan juga akan membuat kadar gula darah menurun. Hal ini akan meningkatkan tekanan darah yang memicu migrain serta sakit kepala.

Menurunkan konsentrasi
Salah satu alasan yang membuat harus sarapan adalah agar bisa berkonsentrasi dengan baik. Sehingga jika tidak sarapan, justru akan sulit fokus. Hal ini berikutnya akan mempengaruhi emosi serta koordinasi.

Membuat mudah marah
Sering marah-marah tanpa sebab? Kemungkinan Anda tidak sarapan. Akibatnya jadi kehilangan energi yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari dan membuat cepat emosi.

Itulah beberapa dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika tidak sarapan. Jadi, sudahkah Anda sarapan hari ini? (nad)