Presiden

Kastara.ID, Jakarta – Hasil perhitungan awal pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) menunjukkan perolehan suara antara Donald Trump menghadapi Joe Biden masih bersaing ketat di beberapa negara bagian.

Hasil sementara, Joe Biden masih unggul atas Trump, hari ini Rabu (4/11) WIB atau Selasa (3/11) malam.

Pemungutan suara secara bertahap ini telah ditutup di seluruh Negeri Paman Sam pada Selasa (3/11) malam.

Hasil terbaru dari beberapa media AS seperti, CNN, Fox News, dan The New York Times, Trump sejauh ini menang di negara bagian Alabama, Arkansas, Indiana, Kentucky, Mississippi, Oklahoma, Tennessee dan Virginia Barat. Negara-negara bagian itu juga dimenangkan Trump atas Hillary Clinton dalam Pilpres 2016.

Sedangkan Biden meraih kemenangan di Connecticut, Delaware, Maryland, Illinois, Massachusetts, Rhode Island, Vermont, Virginia dan New Jersey. Tiga suara elektoral juga didapat mantan wakil presiden di masa pemerintahan Barrack Obama tersebut dari Washington DC.

Negara bagian yang dimenangkan Biden itu juga dimenangkan calon Partai Demokrat Hillary pada Pilpres 2016.

Perolehan sementara, Biden sejauh ini mendapat 88 suara elektoral dan Trump 63. Masing-masing harus mengumpulkan setidaknya 270 suara elektoral untuk memenangkan Pilpres AS 2020.

Donald Trump: Alabama (9), Arkansas (6), Indiana (11), Kentucky (8), Mississippi (6), Oklahoma (7), Tennessee (11), Virginia Barat (5). Total suara elektoral yang didapat Trump 63.

Joe Biden: Connecticut (7), Delaware (3), Washington DC (3), Illinois (20), Maryland (10), Massachusetts (11), New Jersey (14), Rhode Island (4), Vermont (3), Virginia (13). Total suara elektoral yang didapat Biden 88. (har)