Trans Papua

Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat di wilayah Kabupaten Nduga dan Wamena, Provinsi Papua, mendukung sepenuhnya pembangunan infrastruktur jalan trans Papua yang menghubungkan perekonomian antara dua daerah tersebut.

“Ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga, semua sangat mendukung,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat konferensi pers tentang tewasnya puluhan pekerja Jalan Trans Papua di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12).

Menurut Basuski, sosialisasi yang dilakukan oleh PUPR efektif, sehingga warga di sekitar Jalan Trans Papua memahami dampak dampak ekonomi jika jalan ini selesai dibangun. Akan terbuka peluang-peluang dari berbagai sektor yang langsung berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi warga menjadi lebih sejahtera.

Dari mulai sektor perdagangan, industri, pariwisata, transportasi, dan lain sebagainya. “Pembangunan infrastruktur akan meningkatkan kesejahteraan rakyat di sana,” katanya.

Tak hanya sosialisasi, pihak PUPR juga mengkomodir para pekerja kontruksi lokal dari dua wilayah yang dilintasi oleh pembangunan infrastruktur. Para pekerja lokal dari sekitar proyek pembangunan direkrut untuk membangun Jalan Trans Papua hingga selesai.

“Penduduk juga dilibatkan. Jadi tidak hanya menonton pembangunan tapi ikut aktif membangun daerahnya,” imbuhnya. (rya)