MotoGP Sachsenring 2018Marc Marquez. (motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – MotoGP musim 2018 berlangsung sangat menegangkan di beberapa seri seperti Argentina, Amerika, Spanyol, Inggris, Austria, Aragon, dan Australia, termasuk dua balapan terakhir berlangsung cukup seru.

Selain itu, di beberapa sirkuit banyak pembalap yang jatuh bertumbangan, baik saat Latihan Bebas, Kualifikasi, maupun saat balapan. Beberapa di antaranya berujung drama, seperti Argentina dan Spanyol.

Sepanjang musim 2018, setidaknya ada 1077 kecelakaan di semua kelas dalam semua sesi. Kelas Moto3 menjadi penyumbang kecelakaan terbanyak musim ini dengan 356 kecelakaan, kemudian kelas Moto2 ada 418 kali kecelakaan, dan di kelas utama terjadi kecelakaan sebanyak 303 tiga kali.

Walau banyak, angka kecelakaan tahun 2018 menurun jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Musim 2017 total ada 1126 kecelakaan dan kelas Moto3 tetap menjadi penyumbang terbanyak. Penurunan ini mengindikasikan bahwa sistem keamanan di MotoGP yang meliputi motor, tim dan sirkuit sendiri perlahan mulai meningkat.

Di kelas Moto3, nama pembalap asal Italia, Marco Bezzecchi, menjadi pembalap dengan kecelakaan terbanyak, yakni 24 kali jatuh. Sedangkan di kelas Moto2, juga terjadi pada pembalap Italia, Stefano Manzi, yang jatuh sebanyak 31 kali.

Sementara di kelas utama, ada nama sang juara dunia dari Repsol Honda, Marc Marquez, yang tercatat jatuh sebanyak 23 kali. Jumlah catatan tersebut tak termasuk jumlah gagal kecelakaan (saving) ala Marquez, di mana Marquez berhasil menyelamatkan diri dari kecelakaan.

Aksi saving pembalap Spanyol itu tak terhitung lagi sepanjang 2018 yang umumnya terjadi saat Latihan Bebas. Menariknya, meski mengalami kecelakaan paling banyak, Marquez tak mengalami cedera berat dan Marquez tak pernah absen sepanjang 19 kali balap (minus GP Inggris yang dibatalkan) karena alasan cedera atau sebab lain dari kecelakaannya.

Bahkan Marquez sejak awal musim menyembunyikan cedera dislokasi bahunya dari kecelakaan saat latihan motocross saat libur awal 2018. Marquez termasuk salah satu pembalap ambisius dengan gaya balap agresif tingkat tinggi, membuatnya mendapat peluang jatuh lebih banyak ketimbang pembalap lainnya. (lan)