Universitas Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) Saleh Husin melantik Prof Ari Kuncoro sebagai Rektor UI periode 2019-2024, Rabu (4/12).

Pelantikan Ari Kuncoro berbarengan dengan agenda lanjutan yakni serah terima jabatan rektor UI dari Prof Dr Ir Muhammad Anis.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Sekretaris MWA UI Prof drh Wiku Adisasmito, para Anggota MWA UI di antaranya Sri Mulyani Indrawati, dan para pimpinan di lingkungan UI, kalangan dosen, mahasiswa, ILUNI UI serta tamu undangan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga turut hadir menyaksikan serta menyampaikan pidatonya pada pelantikan Rektor UI.

Ari Kuncoro sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Ari bakal menjalankan tugas dan kewajiban sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI nomor 68 tahun 2013 tentang Statuta UI.

Prof Ari terpilih menjadi Rektor UI setelah melalui tahapan seleksi hingga menyisakan tiga calon rektor. Pada proses pemilihan, Ari Kuncoro bersaing dengan dua kandidat calon Rektor UI lainnya yakni Prof Dr Abdul Haris dan Prof Dr Budi Wiweko.

Adapun proses pemilihan Rektor UI berjalan berdasarkan asas profesional, non-diskriminatif, akuntabel, dan setiap proses berlangsung transparan. Proses pemilihan Rektor terdiri atas penjaringan, penyaringan, dan penetapan, serta pelantikan yang berlangsung mulai dari Mei hingga September 2019. (dwi)