Rumah Pompa

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melakukan perawatan rutin di 178 rumah pompa yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Perawatan rutin ini untuk memastikan kondisi mesin pompa, genset, dan infrastruktur lainnya di rumah pompa prima menghadapi musim penghujan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, pompa merupakan infrastruktur vital dan bagian terpenting dalam pengendalian banjir karena sebagian daratan Jakarta yang berada di bawah permukaan air laut.

“Pemeliharan rumah pompa rutin dilakukan oleh operator agar pompa dapat beroperasi maksimalĀ membantu mengalirkan ke sistem drainase sehingga dapat meminimalisasi terjadinya genangan saat hujan turun,” ungkap Juaini, Jumat (4/12).

Juaini menjelaskan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta bertanggung jawab terhadap operasional 478 unit pompa air yang tersebar di 178 lokasi rumah pompa. Beberapa pompa yang mengalami kendala sedang dilakukan perbaikan rutin atau maintenance.

Dia juga mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga 24 jam. Menurutnya, dengan kesiapan petugas rumah pompa di lapangan segala kemungkinan yang terjadi bisa segera ditanggulangi.

“Maka itu kami selalu kontrol sampai di mana kesiapan pompa-pompa kita maupun petugas di lapangan. Menghadapi musim penghujan ini maupun rob kita selalu mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga menghadapi musim hujan ini,” tandas Juaini. (hop)