Jhonny Edison Isir

Kastara.ID, Jakarta – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin pada Jumat (3/1) lalu melantik Kombes Jhonny Edison Isir sebagai Kapolrestabes Medan. Jhony menggantikan Brigjen Dadang Hartono yang ditunjuk menjadi Karorenmin Bareskrim Polri.

Saat memimpin acara serah terima jabatan di Aula Tribrata, Polda Sumut, Martuani meminta Jhony segera melakukan penyesuaian diri. Selain itu Kapolestabes yang baru juga diminta mempelajari kultur masyarakat Kota Medan. Menurut Kapolda hal itu penting dalam upaya menjaga dan mengelola keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Jhony diketahui adalah lulusan terbaik Akpol angkatan 1996. Perwira kelahiran Jayapura, Papua, 7 Juni 1975 ini sebelumnya pernah menjadi Sespri Kapolri saat masih dijabat Jenderal Tito Karnavian. Jhony yang memiliki keahlian bidang reserse ini juga pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017.

Tito menyebut Jhonny adalah sosok polisi cerdas dan berpengalaman. Atas jasanya selama bertugas di beberapa Polres di Papua dan Jawa, Jhonny dianugerahi penghargaan Adhi Makayasa.

Pelantikan tersebut disebut tepat karena menjelang pelaksanaan Pilkada di Kota Medan. (yan)