Loket Konsuler

Kastara.ID, New Delhi – KBRI New Delhi resmi membuka loket pelayanan konsuler baru di kantor KBRI New Delhi (4/1). Loket ini dibuat agar lebih nyaman bagi pengguna layanan, dengan ruang tunggu yang representatif baik indoor maupun outdoor. Pembangunan loket baru ini juga sangat memperhatikan aspek keamanan, dilengkapi dengan dua lapis gerbang, pos penjagaan khusus, metal detector, dan loker penitipan barang. Loket ini juga telah siap beroperasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Loket ini akan memberikan layanan-layanan kekonsuleran dan keimigrasian termasuk di dalamya layanan atestasi dokumen yang akhir-akhir ini semakin tinggi frekuensinya seiring dengan peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Duta Besar RI untuk India Arto Suryodipuro menekankan bahwa peningkatan kualitas fisik fasilitas pelayanan konsuler ini hanyalah satu aspek di samping aspek non-fisik yang bahkan lebih penting lagi, yaitu peningkatan sistem pelayanan dan profesionalisme petugas dan pejabat terkait dalam memberikan pelayanan.

Kedua aspek ini harus terus ditingkatkan secara berkesinambungan dan sejalan untuk dapat menghasilkan kualitas pelayanan publik yang prima yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan citra positif Indonesia di mata masyarakat setempat serta memberikan kebanggaan khususnya bagi masyarakat Indonesia di India. (har)