Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Satu orang Pembantu Rumah Tangga (PRT) Indonesia di Singapura dinyatakan positif mengidap virus corona. Indentitas PRT Indonesia, yang berumur 44 tahun, masih dirahasiakan. Dia merupakan orang ke-21 yang positif terkena virus corona di Singapura.

Seperti dikutip dari Channel News Asia (4/2), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam konferensi pers terbaru mengumumkan terdapat enam kasus baru ditemukan di Singapura, terdiri atas empat orang yang melakukan kontak dengan rombongan turis asal China dan dua orang lainnya yang baru dipulangkan dari Wuhan ke Singapura.

Rombongan turis China itu tiba di Singapura pada 22 Januari lalu, dan kemudian diketahui sehari setelahnya mengunjungi sebuah toko produk kesehatan di Cavan Road, Singapura, serta mengunjungi beberapa lokasi lainnya.

Menurut laporan The Strais Times, rombongan turis China ini ternyata sempat melanjutkan perjalanan ke Malaysia antara 24-26 Januari lalu, kemudian balik lagi ke Singapura melalui Woodlands Checkpoint pada 27 Januari dini hari. Mereka terbang dari Terminal 1 Bandara Changi pada 27 Januari pagi hari, sekitar pukul 06.00 waktu setempat, kembali ke China.

Menteri Kesehatan Singapura menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan telah memulai pelacakan kontak untuk mengidentifikasi individu-individu yang melakukan kontak dekat dengan kasus-kasus ini, sehingga dalam memagari dan membatasi penyebaran lebih lanjut.

PRT Indonesia yang positif virus corona diketahui bekerja pada salah satu wanita Singapura yang terkena virus Corona. PRT Indonesia ini diketahui tidak punya riwayat perjalanan ke China.

Menurut penelusuran, PRT Indonesia ini mengalami gejala virus corona pada Ahad (2/2) dan tidak keluar dari tempat tinggalnya, sebelum akhirnya berobat ke Singapore General Hospital pada Senin (3/2) waktu setempat. Dia kemudian ini dinyatakan positif virus corona pada Selasa (4/2) sore. (har)