Bluebird

Kastara.ID, Jakarta – Sebagai bagian dari pelaksanaan program tanggung jawab  sosial perusahaan (corporate social responsibility), khususnya dalam mendukung  pemerintah melaksanakan vaksinasi massal agar segera tercapai herd immunity (kekebalan massal) pandemi covid-19, pada hari Jumat dan Sabtu (5-6 Maret 2021), PT  Blue Bird Tbk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI melaksanakan program vaksinasi bagi para lansia dan juga pengemudi Bluebird Group sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan transportasi publik. 

Sebanyak tidak kurang dari 1500 orang yang terdiri dari pengemudi dan lansia dari Bluebird Group berpartisipasi dengan melalui metode drivethru guna memastikan proses vaksinasi berjalan dengan mudah dan nyaman. 

Kegiatan vaksinasi dilakukan di pool Bluebird yang berlokasi di Jalan Mayjend Sutoyo, Jakarta, di mana pengemudi Bluebird Group juga mengajak orang tua masing-masing (lansia) untuk turut melakukan vaksinasi. Langkah ini juga merupakan awal dari keseluruhan proses vaksinasi, di mana diharapkan pada pertengahan tahun semua pengemudi Bluebird Group telah mendapatkan vaksinasi.  

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Dr. dr.  Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Bluebird Group atas inisiatif dalam melakukan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi massal bagi lansia dan pengemudi transportasi publik. Hal ini juga sejalan dengan langkah pemerintah dalam menempatkan pengemudi sebagai golongan yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi; sehingga langkah yang dilakukan Bluebird diyakini sangat membantu pemerintah untuk sesegera mungkin mencapai kondisi herd immunity

Sementara Ketua Umum Serikat Pekerja Perusahaan Bluebird Group (SPPBG) Radjan Marzuki menyampaikan, mewakili segenap pengemudi, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kesehatan dan Bluebird Group terhadap kepeduliannya kepada para pengemudi. “Dengan penerapan protokol kesehatan sebagai salah satu standar operasional perusahaan, serta dengan dimulainya pengemudi Bluebird Group yang mendapatkan vaksinasi, kami berharap para penumpang dan khususnya pelanggan setia Bluebird Group akan semakin merasa aman dan nyaman saat bepergian bersama layanan kami,” paparnya.

Sejak berkembangnya wabah pandemi Covid-19, Bluebird telah menerapkan serangkaian protokol dan SOP khusus dalam menanggulangi penyebaran Covid-19, mulai dari pembersihan menyeluruh armada setiap selesai beroperasi, penggunaan masker oleh pengemudi, memastikan para pengemudi yang beroperasi berada dalam kondisi fit, hingga penyediaan hand sanitizer berbasis alkohol di setiap kendaraan yang memberikan perlindungan dan ketenangan kepada para penumpang dan pengemudi.  

Di satu sisi, kerja sama vaksinasi massal antara Bluebird dengan Kementerian Kesehatan  disambut sangat baik oleh para pengemudi Bluebird Group mengingat tingginya mobilitas dari pengemudi dalam memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman kepada masyarakat. “Kami sangat senang dan antusias, di mana kami sebagai pengemudi beserta orang tua lansia kami diikutkan pada program vaksinasi hari ini. Harapannya adalah ini menjadi awal yang baik hingga seluruh pengemudi Bluebird Group dapat menerima vaksin,” tambah Marzuki.  

Setelah vaksinasi bagi lansia dan pengemudi yang dilaksanakan di pool Bluebird jalan Mayjend Sutoyo, Jakarta hari ini; Bluebird akan terus melakukan penjajakan dari kemungkinan pelaksanaan kegiatan vaksinasi bagi lansia dan pengemudi di area atau  kota lain, di mana Bluebird Group beroperasi; di mana saat ini telah melayani 18 kota besar di berbagai wilayah di Indonesia.  

Wildan, pengemudi Bluebird yang telah memasuki tahunnya ke-8 sebagai pengemudi Bluebird, menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. “Terima kasih kepada pemerintah karena telah menempatkan pengemudi sebagai salah satu profesi yang menerima vaksin, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan ketenangan bagi kami para pengemudi dalam melayani masyarakat. Selain untuk kebaikan terhadap diri sendiri dan juga masyarakat luas sebagai pengguna layanan Bluebird, yang tak kalah penting vaksin ini juga memberikan perlindungan ekstra bagi para anggota keluarga yang di rumah,” ujar Wildan.  

Senada dengan Wildan, Bambang – pengemudi Bluebird pool Buncit, turut ikut serta pada program vaksinasi dengan membawa orang tua. “Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan sehingga orang tua saya juga mendapatkan vaksin hari ini. Hal ini tentunya akan memberikan ketenangan ekstra sembari saya melayani pelanggan, orang tua di rumah juga sudah pernah menerima vaksin. Terima kasih kepada pemerintah dan Kementerian Kesehatan, dan juga kepada perusahaan Bluebird Group yang telah sigap dan tanggap dalam melakukan pendataan penerima vaksin, sehingga  proses penerimaan vaksin dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Bambang.  

Bambang menambahkan bahwa penerimaan vaksin ini tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan dengan tetap rutin mencuci tangan dan penggunaan masker. Bahkan, Bambang bersemangat untuk dapat menjadi komunikator dan berbagi cerita ke penumpang akan pengalamannya dalam menerima vaksin serta pentingnya partisipasi di program vaksinasi agar pandemi segera cepat berakhir. (ant)