MotoGP 2021

Kastara.ID, Jerez – Usai tuntaskan balapan MotoGP Spanyol, para pembalap MotoGP langsung mengadakan tes resmi di Sirkuit Jerez (3/5). Termasuk pembalap Repsol Honda Marc Marquez, meski hanya menghabiskan tujuh lap awal saja, setelah itu ia memutuskan untuk istirahat karena fisiknya terlalu capai setelah balapan.

Kondisi Marquez belum pulih sepenuhnya, karena itu ia menjadi pembalap dengan waktu paling sedikit di tes tersebut.

Walau hanya singkat, tapi Marquez sempat mencoba beberapa part baru yang dibawa Honda, termasuk yang menarik adalah fairing baru Honda yang sekilas mirip milik Yamaha M1.

Tak hanya Marquez, pembalap satelit LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami juga menguji fairing baru itu.

GPOne melaporkan bahwa Marquez telah menguji fairing baru tersebut, yang serupa konsepnya dengan yang digunakan Yamaha, yang sebelumnya telah diuji oleh penguji HRC, Stefan Bradl.

“Hari ini kami tidak benar-benar menguji, hanya sekali run karena pada lap kedua tubuh saya sudah terkunci. Leher dan bahu kanan saya kaku, mirip dengan setelah Portimao tapi saya tidak sekurang setelah Portugal. Kecelakaan yang saya alami pada hari Sabtu tidak membantu kondisi fisik saya.

Saya pikir mungkin hari ini ketika tubuh saya menghangat akan lebih baik, dan saya dapat mencoba tapi langsung saya tahu bahwa saya tidak dalam level yang baik untuk berkendara.

Kami berbicara sebagai satu tim dan memutuskan untuk menghentikan tes, kami perlu memahami bahwa kami meningkatkan langkah demi langkah dan target berikutnya adalah Le Mans di mana kami akan mencoba untuk meningkatkan lagi,” terang Marquez.

Pada akhirnya karena tak menjalani lap dengan maksimal, Marquez berada di posisi ke-16 timesheet, sementara rekan setimnya, Pol Espargaro menuntaskan sesi sampai akhir berada di posisi tercepat keenam. (tra)