Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri malam gema takbir 1440 H di Rusun KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (4/6) malam.

Pantauan di lapangan, rombongan warga perwakilan delapan kecamatan se-Jakarta Barat mulai berdatangan ke Rusun KS Tubun usai maghrib dengan membawa bedug. Turut hadir Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

Dalam sambutannya, Anies bersyukur bisa merayakan malam takbiran. “Malam lebaran dengan takbiran merupakan tradisi kita untuk merayakan hari kemenangan,” ujarnya, Selasa (4/6).

Sebelum tiba di Rusun KS Tubun, Anies berkeliling ke beberapa wilayah Jakarta untuk melihat para remaja, anak-anak dan orang tua berkumpul untuk bersiap merayakan takbiran. “Mari kita jalani bertakbir di malam Lebaran dengan menjaga ketertiban dan keselamatan,” jelasnya.

Anies juga mengingatkan warga yang merayakan malam takbiran untuk tetap mengedepankan keselamatan. Sebab, ia ingin malam takbiran bisa dilakukan dengan meriah, penuh rasa sukacita dan keesokan pagi dalam kondisi sehat serta menunaikan Salat Idul Fitri.

Anies juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran, khususnya Pemkot Jakarta Barat yang menyelenggarakan acara malam gema takbir di Rusun KS Tubun sekaligus menjaga wilayah agar aman, tertib dan damai.

”Kita semua bersama keluarga merayakan hari raya, tapi ada petugas berseragam dinas yang menjaga wilayah agar tercipta suasana tertib, aman, dan damai,” tandasnya.

Kemudian Anies dan warga juga merayakan malam takbiran di Jl KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (4/6) malam.

Berdasarkan pantauan, usai menghadiri acara malam gema takbir di Rusun KS Tubun, Palmerah, Anies melanjutkan perjalanan ke Jakarta Pusat, tepatnya di depan Kecamatan Tanah Abang.

Setiba di Jl KH Mas Mansyur, Anies turun dari mobil dinas dan naik ke mobil operasional Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Anies menyapa warga di Jl KH Mas Mansyur sepanjang ratusan meter.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur karena telah bermalam takbir bersama warga di Tanah Abang,” ujar Maemunah (45), warga Kebon Kacang.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menambahkan, warga setiap RT/RW di sepanjang Jl KH Mas Mansyur mendirikan panggung untuk merayakan malam takbiran secara swadaya.

“Ini tradisi warga saat merayakan malam takbiran,” tandasnya. (hop)