Pantauan di lapangan, ratusan kendaran yang terdiri dari mobil pribadi, kendaraan dinas operasional dan sepeda motor, tampak antre untuk mendapatkan layanan uji emisi gratis ini.

Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas LH DKI Jakarta, Tiyana Brotoadi mengatakan, uji emisi akbar ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke- 496 Kota Jakarta dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Uji emisi ini dilakukan serentak se-Jabodetabek. Untuk Jakarta dipusatkan di Ragunan dengan target 2000 kendaraan. Kemudian di daerah sekitar targetnya 600 kendaraan dalam sehari ini,” ujar Tiyana

Menurutnya, uji emisi akbar ini bentuk sinergisitas Pemprov DKI dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Polda Metro Jaya, dan 25 bengkel otomotif.

Diungkapkan Tiyana, uji emisi ini nantinya menjadi salah satu komponen untuk pemberian sanksi bagi pelanggar lalu lintas. Karena itu masyarakat diimbau agar segera melakukan uji emisi kendaraan bermotornya.

“Diharapkan, melalui kegiatan uji emisi ini kualitas udara Jakarta akan semakin lebih baik,” ucapnya.

Disebutkan Tiyana, hingga pukul 12.00 tercatat sudah 1.200 kendaraan yang mengikuti uji emisi di TMR ini.

“Kita optimis target 2.000 akan tercapai hari ini,” tandas Tiyana. (hop)