Kepala Suku Dinas PRKP Kepulauan Seribu, Darmawati mengatakan, penambahan fasiltas pendukung berupa toilet umum ini dalam rangka mendukung kawasan unggulan di Pulau Panggang. Terlebih, Pantai Sunrise merupakan salah satu destinasi wisata bahari terbaru yang ada di wilayahnya.

“Toilet umum ini nantinya kita buat permanen di ujung pantai. Akan ada tiga kamar, termasuk ruang bilas, toilet wanita dan laki-laki terpisah,” katanya, Senin (5/6).

Ia menjelaskan, toilet yang akan dibangun memiliki luas 4×6 meter. Pembangunnya sendiri rencananya dimulai 12 Juni dan ditargetkan rampung sekitar pertengahan September 2023.

“Kita sudah survei lapangan untuk mengukur luasannya. Rencana minggu ini sudah mulai pengiriman material ke Pulau Pramuka,” ungkapnya.

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanuddin menyambut baik dan sangat mendukung dibangunnya toilet umum di Pantai Sunrise. Kehadiran toilet tersebut dinilai sangat bermanfaat sekaligus memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Pihaknya juga telah mengerahkan delapan petugas PPSU untuk menata dan merapikan lokasi yang nantinya akan menjadi titik pembangunan.

“Ini sangat memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Jadi bagi mereka yang habis berenang bisa langsung membilas di lokasi,” tandasnya. (hop)