Honda CRF1000L Africa Twin Adventure SportsHonda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports

Kastara.id, Tangerang – Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mewarisi DNA Rally Dakar dan ketangguhan Honda CRF1000L Africa Twin yang melegenda sejak tiga dekade silam. Big bike adventure Honda ini menjadi pilihan yang tepat untuk melintasi jalanan di berbagai medan. Demikian diungkapkan President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma soal kehadiran Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Tangerang.

Menurut Inuma, Honda CRF1000L Africa Twin telah menghadirkan pengalaman berkendara luar biasa selama bertahun-tahun, sehingga mampu membuktikan DNA penjelajahnya yang melekat sangat kuat. “Sepeda motor sport adventure ini juga mampu memberikan sensasi petualangan yang menyenangkan untuk menaklukkan tantangan liar di semua medan,” kata Inuma.

AHM merilis Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports untuk memperkaya pilihan bagi pecinta sepeda motor adventure tourer di Indonesia. Suguhan ketangguhannya akan mewarisi semangat ”go anywhere” dari pendahulunya.

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports hadir dengan pembaruan di berbagai sektor yang semakin nyaman dikendarai di jalan tanah, turing jarak jauh, bahkan makin lincah dikendarai di jalan perkotaan serta jalan berliku. Varian terbaru ini melengkapi dua pilihan Honda CRF1000L Africa Twin yang telah diperkenalkan tahun lalu, yakni tipe standar (STD) dan Dual Clutch Transmission (DCT).

Dengan tetap mengusung mesin yang ringan tapi bertenaga, konfigurasi parallel twin-cylinder-nya yang berpendingan cairan sudah terbukti ketangguhannya. Sasis dipertahankan untuk kelincahan bertualang di medan on-road atau pun off-road, baik digunakan menyeberang antar benua maupun berkendara di perkotaan.

Varian Adventure Sports ini memperkuat ketangguhan Honda CRF1000L Africa Twin melalui teknologi throttle by wire dengan pengaturan tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta riding mode yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Adventure tourer ini diperkaya perpindahan gigi dengan sistem DCT yang memudahkan pemilihan mode manual ataupun otomatis. Beberapa fitur tambahan juga semakin memperkuat tampilan tangguh dan adventure melalui perubahan di sektor suspensi depan, tangki bahan bakar, panel meter, extended fairing protection, skid plate yang lebih lebar, serta windshield lebih tinggi.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menambahkan, Honda CRF100L Africa Twin Adventure Sports akan memenuhi ekspektasi pecinta sepeda motor adventure yang semakin eksis.

”Perkembangan pasar sepeda motor sport terutama segmen adventure begitu pesat. Kami hadir untuk menawarkan pilihan terbaik di berbagai segmen. Untuk pecinta motor adventure kelas atas, kami hadirkan pilihan terbaru yang semakin tangguh yaitu Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports. Kami pun siap memberikan layanan premium melalui jaringan penjualan 11 Honda Big Wing di Indonesia,” ujar Loman.

Honda CRF1000L Africa Twin dilengkapi dengan mesin bertenaga serta sasis dinamis untuk menjelajah on-road maupun off-road. Penampilannya gagah, khas motor petualang sejati, mengusung tema desain “unlimited adventure”.

Aura petualang sejati diimplementasikan melalui gaya desain bodi yang kuat dan minim bobot, menawarkan bodi ramping demi menunjang kelincahan. Demikian pula dengan skid plate (pelindung mesin bagian bawah) yang didesain lebih lebar. Model terbaru ini juga mendapatkan body protector, besi yang melingkar untuk melindungi fairing dan bagian bawah lampu.

Jok juga lebih tinggi 30 mm dibandingkan tipe STD dan DCT, kini menjadi 860 mm, tapi masih bisa disesuaikan. Kapasitas tangki bahan bakar juga lebih banyak, 24,2 liter dari sebelumnya yang hanya 18 liter, sehingga mampu berkendara dengan jarak lebih jauh.

Suspensi Showa tipe Adventure Sports ini memiliki panjang langkah yang lebih dari sebelumnya, tapi tetap dapat dilakukan penyesuaian penuh. Suspensi ini dikombinasi dengan sistem pengereman kaliper ganda Nissin 4 piston, wavy disk brakes, dan sudah dilengkapi dengan Antilock Braking System (ABS). Suspensi belakang Showa menggunakan tipe spring preload yang dapat diatur. Roda depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci dengan balutan ban berukuran 90/90-21 dan 150/70-18.

Pembaruan lainnya pada tipe Adventure Sports adalah disematkannya panel meter LCD desain baru dengan informasi penting mulai dari spidometer, tripmeter, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, takometer, dan juga suhu mesin. Fungsi piranti elektronik juga dapat dipantau dari panel ini.

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mengusung teknologi Throttle by Wire untuk mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta riding mode yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Teknologi ini telah terbukti membuat tarikan makin responsif. Apalagi dipadu dengan mesin 998 cc parallel-twin 4 katup unicam head. Kombinasi itu menghasilkan tenaga maksimal 69,2 kW @7.500 rpm, dan torsi puncak 95,4 Nm @6.000 rpm. (yan)