ToyotaPresiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mendatangi booth Toyota di ajang GIIAS 2018 (2/8).

Kastara.id, Tangerang – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, 2-12 Agustus, PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang mengusung tema “Empowering Mobility, Beyond Possibility” hadir dengan semangat baru di salah satu pameran otomotif terbesar di Asia ini.

Selain menampilkan produk unggulan di sejumlah segmen dipasarkan saat ini, juga fokus menghadirkan kendaraan dan teknologi terkini serta masa depan yang berbasis teknologi elektrifikasi maupun autonomous tingkat tinggi. Melalui partisipasinya di GIIAS 2018 Toyota ingin memberi gambaran nyata inspirasi kepada masyarakat berbagai peluang dan tantangan dalam membangun mobilitas dan industri otomotif ke depannya.

Menurut President Director PT Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata, ajang pameran seperti ini bagi Toyota memiliki arti yang sangat penting karena dapat berhubungan langsung dengan masyarakat. Melalui GIIAS kali ini, Toyota akan menyampaikan pesan mengenai banyak hal kepada masyarakat.

“Tak hanya mengenai produk, tapi juga berbagai capaian dalam pengembangan teknologi otomotif, serta kecenderungan-kecenderungan ke depan (future technology) yang dibutuhkan masyarakat untuk masa depan yang lebih baik, sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond,” kata Yoshihiro Nakata di sela peresmian booth Toyota di ajang GIIAS 2018, di ICE BSD City, Tangsel, Banten (2/8).

Bahkan Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto menambahkan bahwa pihaknya sangat gembira dan optimis menyambut kebijakan elektrifikasi dari pemerintah. “Kebijakan yang tengah dirancang oleh Pemerintah saat ini yaitu terkait pengembangan kendaraan elektrifikasi akan memberi angin segar untuk lebih menggairahkan pelaku industri untuk mengembangkan pasar dan produk kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” ungkap Henry Tanoto.

Toyota yang tampil modern, advance dan juga youthful seluas 2.870 m2 di Hall 10B BSD City Tangsel Banten, pada gelaran GIIAS kali ini Toyota menyajikan unit display yang benar-benar mengedepankan eksibisi teknologi terkini Toyota. Tak kurang 28 unit display disiapkan untuk memberikan pengalaman yang lengkap bagi para pengunjung nanti, termasuk kendaraan special exhibit yang akan menampilkan teknologi elektrifikasi.

Toyota menghadirkan enam unit kendaraan exhibit berupa kendaraan terkini yang berbasis teknologi elektrifikasi serta tiga unit kendaraan masa depan yaitu Concept i-Series yang terdiri dari Concept-i, i-Ride dan i-Walk serta C-HR Hybrid EV, Prius Plug-In Hybrid EV, dan Toyota Mirai Fuel Cell EV.

Ini merupakan pesan Toyota yang selalu mengedepankan konsep pengembangan kendaraan yang tidak hanya sebatas sarana transportasi, tapi juga memberikan kebebasan dan kegembiraan kepada pemiliknya. Sejalan dengan spirit Toyota yang selalu berupaya untuk mengembangkan kendaraan yang dicintai oleh masyarakat, dan Toyota Concept-i bertujuan untuk menjadi “beloved car” di era masa datang, sebagai era baru dunia mobilitas global.

Salah satu kata kunci dalam pengembangan seri produk Concept-i adalah bagaimana menerapkan teknologi Artificial Inteligent (AI) untuk mengenali emosi dan preferensi agar pengemudi mencapai tingkat keselamatan dan ketenangan yang optimal (protect) dan sekaligus mampu meningkatkan fun to drive bagi pengemudi (inspire).

Kehadiran Prius Plug-In Hybrid EV dan Mirai Fuel Cell EV mereprensentasikan semangat Toyota untuk secara bertahap melepaskan ketergantungan produk otomotif terhadap bahan bakar konvensional berbahan bakar fosil (Bahan Bakar Minyak) atau dikenal juga dengan kendaraan ramah lingkungan. Toyota telah memasuki era pengembangan mobil ramah lingkungan sejak 1990-an dengan keberhasilan Toyota Prius sebagai pionir dan icon kendaraan ramah lingkungan di pentas global.

Prius Plug-In Hybrid EV adalah salah satu dari seri kendaraan ramah lingkungan Toyota dengan teknologi terbaru yang secara resmi diluncurkan tahun 2016. Selain ditopang desain yang canggih dan ekspresif, Prius Plug-In Hybrid EV mempunyai daya jelajah mode Electric Vehicle (EV) sepanjang 68,2 km. Mobil ini juga dilengkapi quick charger dan hanya membutuhkan charger AC 100 V (6A) sehingga meningkatkan tingkat kenyamanan karena pengisian listrik mobil ini tidak memerlukan instalasi sirkuit khusus.

Sementara Toyota Mirai menjadi pionir di segmennya sebagai kendaraan listrik berbasis bahan bakar hydrogen atau dikenal dengan teknologi Full Cell Electric Vehicle (FCEV). Mobil ini pertama kali ditampilkan sebagai mobil konsep pada 2011 pameran otomotif Tokyo Motor Show dan di tempat yang sama pada 2013 Toyota Mirai tampil sebagai mobil yang siap diproduksi. Pada 2015, mobil ini mulai diproduksi secara komersial yang dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Sejak diluncurkan pertama kali, Toyota Mirai telah terjual sekitar 6.500 unit.

Sejalan dengan tema “Empowering Mobility, Beyond Possibility”, kehadiran special exhibit sekaligus juga untuk menegaskan semangat dan komitmen Toyota yang tak hanya sebatas memenuhi kebutuhan pasar. Toyota juga selalu berupaya berpartisipasi aktif mendukung kebijakan dari Pemerintah Indonesia, termasuk pengembangan industri otomotif berbasis elektrifikasi yang tengah digalakkan.

Di GIIAS 2018 ini, Toyota menampilkan total 28 unit display dari semua segmen termasuk untuk special exhibit. Juga hadir special tools yaitu Hybrid X-Ray; teknologi safety Toyota melalui Toyota Safety Simulator serta informasi teknologi Plug-In Hybrid EV, Hybrid EV, Battery EV, dan Fuel Cell EV melalui Interactive Touch Wall. Selain itu terdapat juga informasi tentang Total Ownership Experience yang dimiliki Toyota melalui Interactive Touch Wall. Toyota juga melakukan dress up pada kendaraan yang saat ini sudah dipasarkan di Indonesia dengan menonjolkan kelebihan dan fungsional masing-masing kendaraan. (yan)