MotoGP Ceko 2018(motogp.com)

Kastara.id, Brno – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez nyaris mengunci posisi pole di GP Ceko, sebelum akhirnya diambil alih pembalap Ducati Team Andrea Dovizioso di detik-detik akhir sesi kualifikasi kemarin (4/8). Marquez akhirnya tertinggal +0.272 detik dari posisi terdepan “Desmo-Dovi”.

Menghadapi balapan sore (5/8) nanti, Marquez sedikit khawatir dengan laju kuat Dovi di lintasan lebar Brno. “Saya senang, karena tujuan utama saya adalah start dari baris pertama. Bahkan sebelum kualifikasi, saya sudah tahu bahwa ini akan sulit dengan ban baru dan pemetaan elektronik dasar,” ujar Marquez.

Menurut Marquez, pihaknya tak melakukan perubahan khusus pada motor terkait setting dasar dan hanya menggunakan motor setting-an balapan untuk kualifikasi.

“Dengan ban belakang kompon lembut kami membutuhkan lebih banyak kecepatan di beberapa tempat, tapi selain itu kami mampu melakukan pekerjaan yang sangat baik. Terutama saat menjalani sesi Latihan Bebas terakhir (FP4), saya merasa sangat baik,” papar Marquez.

“Saya memang biasanya sedikit kesulitan di lintasan ini, apalagi sekarang Dovi sedikit lebih kuat. Tapi kami tetap akan berusaha memperjuangkan kemenangan. Jika itu tidak mungkin, paling tidak saya harus podium,” ujar pembalap Spanyol itu.

Selain Dovizioso yang akan start dari posisi pertama, pembalap Suzuki Andrea Iannone juga menunjukkan langkah yang kuat. Dovi juga menjalani banyak lap dengan baik. Mampukah Marquez yang akan start dari posisi tiga kembali mendominasi dan menang di Ceko akhir pekan ini? (yan)