Beranda Headline Berita Pemda Diminta Gelar Simulasi Pembukaan Sekolah

Pemda Diminta Gelar Simulasi Pembukaan Sekolah

Kastara.ID, Jakarta – Pembukaan kembali sekolah di masa pandemi Covid-19 menjadi sorotan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Menurut Tito, pemerintah daerah (Pemda) boleh kembali membuka sekolah, namun harus melakukan simulasi penerapan belajar tatap muka di tengah pandemi.

Tito menegaskan, Dinas Pendidikan di berbagai daerah bisa melakukan penunjukan sekolah yang dianggap tepat sebagai percontohan.

“Mungkin dua minggu atau satu bulan, satu atau dua sekolah yang dianggap berkesan menerapkan protokol. Setelah itu baik untuk keberangkatan sekolahnya, di tempat sekolahnya, maupun setelah kembalinya,” kata Tito dalam keterangannya, Rabu (5/8).

Mendagri menuturkan, jika sekolah ingin buka, maka protokol kesehatan harus digalakkan. Selain itu, wajib ada pemeriksaan rutin dua pekan sekali untuk para guru menggunakan rapid test.

Ia menambahkan, pemda bersama Satgas Covid-19 setempat memantau penerapan protokol kesehatan di sekolah percontohan. Penerapan sekolah tatap muka bisa diperluas jika dinilai sudah sesuai protokol.

“Kalau seandainya tidak terjadi klaster baru, kemudian baru diberlakukan bertahap direplikasi di tempat-tempat lain,” ujarnya. (ant)

- Advertisement -

TERBARU