MotoGP 2021

Kastara.ID, Silverstone — Pembalap asal Forli, Andrea Dovizioso secara resmi telah mengumumkan mundur dari MotoGP musim 2022 ini di tengah jalan.

Dovi tak akan balapan untuk tim satelit WithU Yamaha RNF lagi setelah seri MotoGP San Marino mendatang.

Runner-up tiga kali itu telah memilih untuk keluar dari MotoGP tanpa menyelesaikan kontrak satu tahunnya dengan Yamaha.

Keputusan ini dipublikasikan menjelang balapan MotoGP Inggris akhir pekan ini.

Pilihan ini dilatarbelakangi oleh hasil paruh pertama musim yang sulit, di mana Dovi hanya mengukir 10 poin dalam 11 seri balap.

Dovizioso telah memutuskan untuk pensiun sebelum akhir musim, tepat setelah balapan kandangnya di Sirkuit Misano yang akan berlangsung awal September.

“Saya ingin memulai dengan mengatakan bahwa tentu saja kami semua sedih karena Andrea akan meninggalkan olahraga ini lebih awal dari yang diharapkan. Dia adalah nama besar di MotoGP, dan dia akan dirindukan di paddock.

Kami menganggap diri kami sangat beruntung tahun lalu bahwa dia tersedia dan bersedia untuk bergabung dengan program MotoGP kami ketika Franky beralih ke Tim Pabrikan Yamaha sehingga menciptakan kebutuhan akan pembalap pengganti untuk sisa musim 2021.

Keahlian, pengalaman, dan sifat metodis Andrea yang luar biasa sangat menarik bagi Yamaha dan tim RNF dan proyek itu ditetapkan untuk mencakup musim 2022 penuh.

Sayangnya, Andrea telah berjuang untuk mengeluarkan potensi maksimal dari M1 dan dengan demikian hasilnya belum terlihat, yang telah menciptakan frustrasi yang dapat dimengerti bagi Andrea. Akhirnya selama liburan musim panas, dia menegaskan kepada kami keinginannya untuk pensiun sebelum akhir musim.

Setelah berdiskusi bersama, dianggap tepat bagi Andrea untuk mengendarai balapan terakhirnya di Misano di GP rumahnya. Secara alami, Yamaha akan terus memberikan ‘Dovi’ dukungan penuh mereka selama tiga balapan berikutnya.

Sementara itu, mari nikmati tiga GP terakhirnya dan rayakan di Misano akhir karier yang spektakuler,” kata Lin Jarvis, yang menjabat Managing Director Yamaha Motor Racing, seperti dimuat MotoGP.

“Saya berterima kasih kepada Lin atas kata-katanya, saya sangat setuju dengan mereka.

Pada 2012, pengalaman dengan pabrikan Iwata di MotoGP sangat positif bagi saya dan sejak itu saya selalu berpikir, cepat atau lambat, saya ingin memiliki kontrak resmi dengan Yamaha. Kemungkinan ini muncul dengan sendirinya, sebenarnya dengan cara yang agak berani, selama tahun 2021.

Saya memutuskan untuk mencobanya karena saya sangat percaya pada proyek ini dan kemungkinan berhasil dengan baik,” jelas Dovi.

Razlan Razali yang menjabat Founder dan Team Principal WithU Yamaha RNF juga menyampaikan kata-katanya.

“Saat kami kembali ke paddock setelah istirahat lima minggu, kami menantikan untuk bekerja membalikkan keadaan untuk Andrea terutama setelah beberapa temuan positif dalam dua balapan terakhir.

Namun demikian, dia telah membuat keputusan untuk pensiun dan kami menghormati itu.

Memang, kami sedih melihat pebalap hebat dan berpengalaman seperti Andrea meninggalkan kejuaraan dan tidak mengakhiri musim bersama kami.

Tapi kami mengerti, dia sudah jelas dari perjuangannya untuk merasa nyaman dengan motornya dan menyesuaikan gaya berkendaranya dengan cara yang dibutuhkan motor untuk dikendarai.

Meskipun kami tidak berhasil mencapai hasil yang diinginkan bersama-sama, kami tetap merasa terhormat dan senang memiliki nama besar seperti Andrea di tim kami.

Kami ingin berterima kasih kepada Andrea atas dukungan, keahlian, dan kontribusinya dan kami akan terus memberinya dukungan penuh untuk sisa tiga balapan,” pungkas pria asal Malaysia itu. (tra)