Teknologi Mumpuni, Mi TV 4A Dibanderol Tak Sampai Rp 2 Juta

Xiaomi Mi TV A4

Kastara.id, Jakarta – Harga Mi TV 4A 32 inci yang baru diluncurkan di Indonesia hanya dibanderol Rp 1,999 juta. Wow, harganya boleh disebut sangat terjangkau. Apalagi jika menilik spesifikasinya yang melimpah. Dan menariknya, produk smart TV tersebut merupakan produk pertama dari Xiaomi untuk pasar Indonesia.

Desainnya mengusung bentuk ramping bezel tipis 12,7 milimeter dengan bentang layar 32 inci HD 1366×768. Televisi ini hadir dengan sistem operasi khusus besutan Xiaomi, PatchWall OS.

Menurut Vice President of Overseas Business Mi TV Janet Zeng, televisi tersebut dibuat berdasarkan hasil riset pasar orang Indonesia. “Konten tv yang kurang berkualitas dan membosankan. Selain itu, harga smart TV yang ada di Indonesia juga kurang terjangkau. Karena itulah kami hadirkan Mi TV 4A ke Indonesia,” ujar Zeng saat peluncuran di Jakarta (4/9).

Zeng pun memaparkan, untuk mennghadirkan konten berkualitas, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah vendor penyedia konten. Di antaranya, yaitu HOOQ, iFlix, Catchplay, dan Spotify. Total semua konten yang disematkan dalam televisi ini mencapai 700 ribu jam. “Itu sama dengan waktu sejak Anda lahir hingga 70 tahun,” papar Zeng.

Xiaomi juga tampaknya tak tanggung-tanggung memberikan spesifikasi terbaiknya yang disematkan pada smart TV tersebut. Mi TV 4A menggunakan chipset 64-bit Amlogic quad-core yang dipadukan dengan RAM 1 GB (gigabita) dan memori internal 8 GB. Televisi ini menggunakan kartu grafis Mali-450 GPU.

Xiaomi juga memperhatikan konektivitas yang mumpuni. Ada tiga slot HBMI, satu untuk ARC, dan dua slot USB 2.0. Demikian pula dengan koneksi Wi-fi dan bluetooth 4.2. Anda pun bisa terkoneksi dengan smartphone Xiaomi. Sedangkan piranti speakernya, Xiaomi menanamkan 8W speaker stereo set-up yang menghantarkan suara surround DTS untuk pengalaman sinematik yang mumpuni.

Menariknya lagi, Mi TV 4A juga didukung Android TV. Artinya, dengan mudah bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menonton video dari YouTube, dan memanfaatkan fitur Chromecast. “Menggunakan Google Search yang sudah bisa digunakan dalam bahasa Indonesia,” papar Zeng.

Untuk mengaktifkan Google Search, lanjut Zeng, tinggal berbicara di smart remote yang sangat mudah digunakan. Smart remote ini hanya menyediakan 12 tombol. “Kami merevolusi desain remote televisi. Tak perlu banyak tombol, cukup 12, tapi bisa efektif,” jelasnya.

Mi TV 4A baru bisa dipesan (pre-order) pada Kamis, 6 September 2018 di Lazada. Jadi smart TV ini baru tersedia secara online pada 20 September 2018 dan offline di seluruh Mi Store di Indonesia pada 29 September 2018. Dengan spesifikasi lengkap tersebut, Mi TV 4A ini hanya dijual Rp 1.999 juta.

Head of Xiaomi South Pacific Region dan Country Manager Indonesia Steven Shi mengatakan, televisi ini meneruskan tradisi Xiaomi selama ini. “Produk berkualitas dengan harga terjangkau. Kami sangat bersemangat dan percaya Mi TV 4A bisa menggebrak pasar Indonesia,” pungkasnya. (yan)