Berita

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Buka Lomba Desa dan Kelurahaan

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo membuka secara resmi kegiatan pemamparan dan pelaksanaaan lomba desa dan kelurahaan tingkat regional tahun 2022 sekaligus mengajak untuk gerakan desa menanam, kendalikan inflasi dari desa.

Yusharto mengatakan, berdasarkan permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, mengamanatkan bahwa evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dilaksanakan melalui pemantauan dan penilaian, di mana pemantauan dan penilaian ini dilakukan secara berjenjang dari tingkat Kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan tingkat pusat. penilai tingkat perkembangan desa dan kelurahan dilakukan dengan tahapan evaluasi diri di tingkat desa dan kelurahan, kecamatan dan dilakukan analisis, validasi, peninjauan, klarifikasi dan pemeringkatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota.

Yusharto menambahkan,untuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahaan ini dilaksanakan untuk mendorong dan memberi motovasi kepada pemerintah desa dan kelurahan beserta kegiatan pemaparan saya nyatakan dibuka sekaligus saya mengajak untuk gerakan desa menanam, kendalikan inflasi dari desa.

Saya atas nama pribadi dan pemerintah pusat mengucapkan terima kasih atas dukungannya dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahaan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahaan beserta masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas tata Kelola penyelenggara pemerintahan, pelaksana pembangunan dan pelayaan kepada masyarakat desa dan kelurahaan.

Lomba desa dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2022 ada 4 tahap penilaian Seperti Penilaian Administrasi yang sudah dilaksanakan 15-22 Agustus, pemamaparan calon juara yang saat ini dilakukan klaririfikasi lapangan dan terakhir penetapan pemenangnya.

Melalui proses penilaian administrasi yang diikuti 29 Desa dan 26 Kelurahan dan akhirnya yang lolos 20 Desa dan 19 Kelurahan.

Nantinya akan menjaring tiga pemenang untuk tingkat Desa dan tiga pemenang untuk tingkat Kelurahan setiap regional untuk dilaksanakan klarifikasi lapangan menentukan juara 1, 2, dan 3.

Pada lomba ini Ditjen Bina Pemdes Melibatkan Tim Penilai dari Kementrian dan Lembaga lain, akademisi serta Tim Penggerak PKK Pusat untuk menjamin integritas, netralitas, dan akuntabilitas dari pelaksanaan lomba ini. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…