Gunung Raung

Kastara.ID, Banyuwangi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengevakusi 13 pendaki yang terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung, Jawa Timur, Jumat (4/10). Tujuh dari 13 orang pendaki merupakan Warga Negara Asing asal Singapura.

Penyelamatan dilakukan oleh Tim Search And Rescue (SAR) Gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangyuwangi, BPBD Bondowoso, BPBD Jember, Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI/Polri, serta sejumlah relawan. Dari pantauan satelit titik kebakaran diperkirakan berada di pos empat hingga pos sembilan.

Kepala Pusat Data Informasi Masyarakat BNPB Agus Wibowo mengatakan, Jumat malam pukul 22.00 WIB pihaknya telah mengirim 25 orang untuk naik melakukan pemadaman serta evakuasi pendaki, Sabtu (5/10). Saat ini para pendaki berada di pos empat menunggu kiriman logistik. Pihaknya berharap para pendaki bisa dapat segera dievakuasi.

Diberitakan sebelumnya, api diketahui membakar hutan pada Jumat (4/10) pukul 12.30 WIB. Perkembangan hotspot saat ini merambat ke lokasi lain, namun jalur pendakian ke Gunung Raung sudah diamankan dari api. (yan)