Headline

Bahan Baku dan Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Desember 2020

Kastara.ID, Jakarta – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perkembangan pengadaan vaksin Covid-19. Menurut dia, bahan baku dan vaksin Covid-19 akan tiba di Indonesia pada Desember 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Airlangga dalam sebuah acara diskusi bertajuk ‘Transformasi Ekonomi: Momentum Menuju Indonesia Maju dan unggul’ yang diadakan di Universitas Islam Bandung (Unisba), Kamis (5/11).

“Diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, di bulan Desember ada bahan baku vaksin dan vaksin yang masuk ke Indonesia,” ujar Airlangga.

Airlangga menjelaskan, pemerintah tengah menyiapkan berbagai instrumen agar Indonesia bisa segera memproduksi vaksin. Salah satunya dengan membuat payung hukum yang akan menjadi peta jalan pengadaan vaksin.

Payung hukum yang dimaksud yaitu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99. Dalam hal ini, Airlangga meminta BPOM bisa membuat kesimpulan atau analisa hasil dari uji coba yang sedang berlangsung di Bandung.

“Tentunya diharapkan BPOM bisa me-resume ataupun menganalisa hasil dari clinical trial yang dilakukan di Bandung,” kata Airlangga.

Untuk hasil uji vaksin sendiri, Airlangga mengatakan juga tengah didorong agar selesai lebih cepat dalam waktu dekat. Nantinya, hasil tersebut juga akan diteliti dengan perbandingan vaksin yang dari negara lain.

“Diharapkan Minggu pertama bulan Desember sudah ada interim result dan intergrasikan dengan result negara lain,” tukasnya. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…