Panglima TNI

Kastara.id, Jakarta – Ketua Setara Institute Hendardi menilai Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memiliki rekam jejak dan prestasi yang cukup baik.

“Dukungan dari kalangan parlemen dan elemen masyarakat sipil atas penunjukan Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanto oleh Presiden Jokowi merupakan indikator kepercayaan publik pada Hadi Tjahjanto untuk memimpin korps TNI mewujudkan TNI yang bersih dan profesional,” kata Hendardi dalam keterangannya, Selasa (5/12).

Menurutnya, sudah selayaknya pula korps TNI, termasuk Panglima TNI Gatot Nurmantyo pun mendukung langkah politik Presiden Jokowi sebagai Panglima Tertinggi TNI.

Menurut Hendardi, rotasi antarmatra untuk posisi panglima TNI telah terbukti mampu menjaga keutuhan TNI pada masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Penunjukkan Hadi juga lebih efektif karena masa pensiunnya masih cukup lama sehingga memiliki waktu yang cukup untuk menata organisasi TNI semakin baik,” tuturnya.

Hendardi meyakini calon panglima TNI pilihan Jokowi itu akan memperoleh persetujuan secara bulat dari DPR karena rekam jejak dan prestasinya yang memadai.

“Tidak ada alasan objektif yang kuat bagi DPR untuk tidak menyetujui usulan itu,” kata dia. (npm)