Benarkah Xiaomi Bakal Produksi Mobil Listrik?

Mobil Listrik

Kastara.id, Jakarta – Beberapa tahun terakhir, Xiaomi memang dikenal sebagai pabrikan ponsel cerdas asal Cina lewat produk-produk dengan spesifikasi mumpuni. Namun kabar mengejutkan datang dari perusahaan asal Cina yang pernah disebut sebagai startup paling berharga di dunia ini. Ya, Xiaomi dikabarkan sedang mendaftarkan diri untuk memperluas bisnisnya di India. Bukan hanya lewat penjualan ponsel cerdasnya, tetapi berencana untuk bermain di sektor otomotif dengan mengembangkan mobil listrik.

Kabar tersebut terungkap dalam pengarsipan Xiaomi dengan Registrar of Company (RoC) yang menyatakan bahwa perusahaan ini berpotensi untuk menjual “semua tipe kendaraan untuk transportasi, alat angkut dan perlengkapan transportasi lainnya, baik berdasarkan listrik maupun motif dan tenaga mekanik lainnya, termasuk komponen dan suku cadang”.

Baca Juga:  Studi Mobil Listrik: Hemat Energi Hingga 80 Persen

Di negara leluhurnya, Xiaomi sudah meluncurkan sepeda listrik, termasuk model yang bisa dilipat dan skuter elektrik. Xiaomi juga menjual laptop, tablet, televisi, smart lighting solution, dan produk kesehatan seperti sikat gigi elektrik dan monitor tekanan darah.

Keinginan Xiaomi untuk melebarkan sayap di sektor selain ponsel cerdasnya memang beralasan. Apalagi Xiaomi telah menjadi salah satu merek teratas untuk produk smart watch dan powerbank. Boleh jadi, langkah yang dilakukan Xiaomi ini bukan hanya “aji mumpung”, melainkan memang berdasarkan pada kesuksesan yang telah mereka raih di luar produk ponsel cerdasnya yang telah mendunia. (dwi)