Headline

Agun Gunandjar: KPK dan DPR Harus Bersinergi

Kastara.id, Jakarta – Ketua Pansus Angket DPR-RI Agun Gunandjar Sudarsa mengharapkan agar kerja Pansus berakhir dengan baik. Fraksi-fraksi DPR sepakat adanya substansi penguatan terhadap lembaga anti korupsi tersebut. Sehingga ke depannya KPK lebih terukur dan tidak menimbulkan pro kontra.

“KPK tetap kita butuhkan dan tidak ada lagi ketidakharmonisan dengan penegak hukum lain seperti Kepolisian dan Kejaksaan. Ke depan kondisi internal KPK perlu ada perbaikan kelembagaan, kewenangan, tata kelola SDM, dan anggaran. Sehingga KPK ke depan makin terukur, tidak timbulkan pro kontra di masayarakat,” tegas politisi Golkar itu seusai menghadiri Rapat Konsultasi dengan Pimpinan DPR dan Pimpinan Fraksi-fraksi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (5/2).

Menurut Agun, DPR sebagai lembaga politik berharap, ketidakharmonisan antara aparat penegak hukum harus diakhiri. Sebab menurutnya, ke depan masuki era globalisasi yang penuh kompetisi seperti hadirnya inverstor baru, penciptaan lapangan kerja, politik yang kondusif dan penegakan hukum berjalan harmoni serta rakyat yang membutuhkan ketenangan.

Selain itu, kata Agun, pimpinan fraksi-fraksi juga sepakat adanya penguatan lembaga yang ada dan hubungan DPR-KPK makin bersinergi. Penguatan yang dimaksud adalah fungsi pencegahan, bagaimana supaya orang malu berbuat korupsi, perlu ada upaya sistemik dan masif melibatkan PT, media dan pihak-pihak lain supaya malu. Penguatan bidang pencegahan ini termasuk peningkatan anggarannya, sebab jika dilihat anggarannya minim.

Rapat konsultasi Pimpinan DPR dengan Pimpinan Pansus dan Fraksi-fraksi berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan. Yang pertama pada prinsipnya sepakat bahwa Pansus akan mengakhiri tugasnya pada masa Sidang III ini.

Sebagai tindak lanjutnya, Rapat Pansus Angket akan mengambil keputusan tingkat I pada Rabu (7/2). Sedangkan pengambilan Keputusan Tingkat II dalam rapat Paripurna, penjadwalannya menunggu hasil rapat Badan Musyawarah. Intinya, laporan dan rekomendasi Pansus Angket akan dibacakan pada Masa Sidang III sekarang ini. (danu)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…