GIICOMVEC 2018

Kastara.id, Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk pertama kalinya menggelar dua pameran otomotif berbeda pada tahun ini yaitu, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) untuk kendaraan niaga dan GIIAS 2018.

GIICOMVEC akan menjadi panggung utama bagi enam merek antara lain Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Suzuki, dan Volvo untuk meluncuran kendaraan komersial tipe terbaru.

Sementara Mitsubishi FUSO juga menggelar pre-launching kendaraan niaga pada pameran berkonsep business to business (BtoB) yang fokus pada industri kendaraan komersial dan berlangsung 1–4 Maret 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, bahwa berbagai brand kendaraan komersial di Indonesia, menyatakan secara resmi untuk melakukan peluncuran dan memperkenalkan produk dan teknologi terkininya pada pameran GIICOMVEC 2018,” kata Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah yang menaungi bidang pameran di Jakarta, Selasa (6/2).

Selain kendaraan komersial, GICOMVEC 2018 juga diikuti industri pendukung mulai dari karoseri Adiputro, Laksana, Shinmei, Sugity Creatives. Ada juga industri pendukung lainnya seperti ADR Group, Alcoa wheel, Astraotoparts, BG Product, Dunlop, Esmak Makine, Evalube, Gajah Tunggal, Goodyear, Himawan Putra, Pro7 Auto Lighting dan lainnya.

Kehadiran produk-produk unggulan kendaraan komersial diharapkan mampu mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial menyusul pencapaian positif pada 2017 untuk penjualan truk dan double cabin yang meningkat 45 persen dari tahun 2016.

“Para APM kendaraan komersial telah melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas kendaraan yang diproduksi,” kata ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

“Semakin berkembangnya proyek-proyek infrastruktur, produktivitas logistik, distribusi, dan perdagangan di Indonesia, mendorong para produsen kendaraan komersial untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan kendaraan komersial konsumen,” tutur Yohanes Nangoi.

Pameran kendaraan niaga itu menurut rencana akan menampilkan produk dari Daihatsu, DFSK, Hino, Isuzu, Iveco, MAB (Mobil Anak Bangsa), Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, UD Truck, United Tractors, Toyota, dan Volvo.

Sebanyak 3.000 pembeli potensial dari industri transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, komoditas migas dan non-migas, termasuk batubara, minyak dan gas, peternakan, kehutanan, retail, serta wholesaler direncanakan akan menghadiri GIICOMVEC 2018.

Tidak hanya menghadirkan kendaraan jenis baru, namun dalam penyelenggaraannya akan menghadirkan program untuk konsumen seperti Seminar & Talkshow, Buyers & Exhibitors, Network Gathering, serta Bus & Truck Demo Area, sebagai tempat para APM mendemonstrasikan keunggulan produknya.

“Kami ingin memberikan nilai lebih untuk para potential buyers di GIICOMVEC. Salah satunya adalah program Bus & Truck Live Demo Area di mana para peserta akan mendemonstrasikan teknologi pada kendaraannya dan para buyers bisa melihat dan bertanya langsung tentang fitur kendaraan komersial yang sesuai dengan kebutuhannya langsung dari perwakilan APM,” jelas Rizwan.

Terkait dengan GIIAS 2018, rencananya akan tetap digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, pada 2-12 Agustus 2018, dan didukung oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles), Agen Pemegang Merek (APM), serta industri pendukung otomotif.

Hingga Januari 2018 tercatat lebih dari 111 merek menyatakan partisipasinya, termasuk 21 merek kendaraan penumpang yaitu Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Terdapat juga tujuh merek kendaraan niaga antara lain FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks. (rud/dwi)