Grab

Kastara.id, Jakarta – Grab dan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) hari ini (6/2) mengumumkan sebuah kemitraan untuk mengumpulkan dana tambahan guna mendukung masyarakat yang membutuhkan, termasuk mereka yang terkena dampak bencana. Kolaborasi antara jaringan kemanusiaan terbesar di dunia dan platform aplikasi pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, akan memungkinkan pengguna Grab untuk menukarkan poin mereka menjadi donasi untuk IFRC.

Berdonasi melalui aplikasi pada ponsel cerdas adalah hal yang pertama kalinya dilakukan secara global bagi IFRC. Hal ini merupakan kelanjutan dari kemitraan Grab dan IFRC yang bekerja sama mencari beragam cara inovatif untuk mendukung wilayah Asia Tenggara yang rawan bencana, menyusul kemitraan sebelumnya pada tahun 2016.

Menurut Managing Director, GrabPay di Asia Tenggara Jason Thompson, wilayah Asia Tenggara adalah salah satu wilayah yang paling rentan akan bencana di dunia, di mana pada saat bersamaan sebagian besar masyarakatnya masih berjuang untuk mengakses makanan, air bersih, dan layanan kesehatan atau kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari. “Bekerja sama dengan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah untuk mendanai program-program mereka dan membantu masyarakat yang mengalami krisis atau kesulitan mencerminkan misi kami untuk memajukan Asia Tenggara. Grab ingin bekerja sama dengan IFRC dalam merespon berbagai bencana yang dialami masyarakat dan membuat orang-orang yang membutuhkan menjadi lebih tangguh,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Thompson, dengan menggunakan GrabRewards sebagai platform, kini berdonasi semudah menekan satu tombol pada ponsel cerdas. “Poin yang diterima penumpang kami dari perjalanan mereka sekarang tidak hanya memberikan mereka akses ke berbagai produk ritel dan lifestyle, namun juga menciptakan hal yang lebih bermakna dari setiap perjalanan bersama Grab,” ungkap Jason Thompson.

Dengan kemitraan ini, mulai 6 Februari dan seterusnya, pelanggan Grab di Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dapat mengunjungi katalog GrabRewards dan menukarkan poin mereka menjadi donasi hanya dengan menekan sebuah tombol pada aplikasi mereka. Para pelanggan Grab di Indonesia dapat memberikan donasi mulai dari Rp 5.000 dengan menukarkan 230 poin GrabRewards.

IFRC Head of Partnerships for Asia Pacific Pierre Kremer mengungkapkan bahwa sejarah Grab sebagai perusahaan teknologi dan jangkauan luasnya di Asia Tenggara menjadikannya mitra bagi IFRC. “Ini merupakan pertama kalinya kami bermitra dengan aplikasi ponsel cerdas untuk mengumpulkan dana. Kami memiliki komitmen yang sama untuk memperluas koneksi dan solidaritas dari individu-ke-individu dan berkontribusi untuk membangun komunitas, kota dan negara yang tangguh,” ujar Kremer.

Ditambahkannya, kemitraan ini menjadi komitmen dari Perhimpunan Palang Merah dan Komunitas Bulan Sabit Merah, serta ratusan ribu sukarelawan yang bekerja untuk masyarakat yang membutuhkan. “Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Grab untuk mengeksplorasi cara baru dalam mengatasi penderitaan dan menunjukkan rasa kemanusiaan di Asia Tenggara,” pungkas Kremer. (dwi)