SD Islam Fitrah Al-Fikri

Kastara.ID, Depok — Gempa di sejumlah kota Indonesia, mengharuskan masyarakat mengetahui dan membekali ilmu tentang bencana mulai sejak dini. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Fitrah (SDIF) Alfikri. Kegiatan Mitigasi Bencana Gempa diisi oleh Lukman dan Sanadi, pemateri dari tim DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa yang menjelaskan mengenai hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari saat terjadinya gempa. Selain itu ada juga Kanya dan Zack sebagai Story Teller yang menjelaskan materi mengenai indahnya tolong menolong atau peduli terhadap sesama yang dilengkapi lagu-lagu kesukaan anak-anak.

Network Fundrising Dompet Dhuafa menyadari betapa pentingnya kebaikan yang harus dibagi tanpa menunggu nanti. Network Fundrising Dompet Dhuafa bersama salah satu mitra kolaborasi yaitu SDIF Alfikri  pada tahun lalu, tepatnya Selasa (20/12/2022), mengadakan kegiatan Mitigasi Bencana Gempa yang diharapkan dapat memberi pencerahan dan ilmu untuk guru dan murid untuk lebih siaga dalam menghadapi bencana khususnya jika terjadi gempa kembali.

Sekolah Islam Fitrah Alfikri merupakan salah satu sekolah yang tidak hanya berprestasi dari segi akademisi tapi juga menerapkan nilai-nilai sosial, peduli terhadap lingkungan sekitar dan saudara yang membutuhkan. Oleh karenanya, SD Islam Fitrah Alfikri beserta Komite Sekolah selain mengadakan acara mitigasi, juga melakukan penghimpunan donasi untuk bantu korban Gempa Cianjur.

“Alhamdulillah donasi yang telah sekolah dan komite himpun sebesar Rp 23.550.000, dengan harapan dapat meringankan beban yang dialami oleh para korban Gempa Cianjur, semoga diberikan kesabaran dan dapat bangkit kembali. Kemudian donasi yang kami himpun ini kami amanahkan kepada Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga yang konsen terhadap program kemanusiaan. Semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua,” ucap Nuri selaku Kepala Sekolah SD Islam Fitrah Al-Fikri.

“Kami, berterima kasih kepada sekolah, murid dan komite atas kolaborasi kebaikan bantu Cianjur ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi keberkahan bagi kita semua. Dan semoga dengan adanya even kebaikan ini membuka jalan kebaikan yang lain khususnya semoga murid SDIF Alfikri dipermudah dalam menuntut ilmunya dan Dompet Dhuafa lakukan, umumnya juga semoga dapat memotivasi sekolah lain dan masyarakat sekitar tentang rasa empati dan peduli terhadap sesama,” sambung Yudha Andilla selaku Manager Retail Fundraising dalam keterangan resminya (6/2). (lan)