Sudirman-Thamrin

Kastara.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sosialisasikan penataan ulang jalan dan trotoar di Sudirman–MH Thamrin. Area penataan dilakukan di sepanjang Patung Pemuda Membangun, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran HI), dan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

“Dalam konsep yang dibangun kita membuat Jalan Jend. Sudirman dan MH Thamrin sebagai salah satu wadah depan Jakarta dan Indonesia. Jalanan ini ditata trotoarnya, jalur mobilnya, dan juga jalur Transjakarta,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sela-sela sosialisasi penataan ulang jalan dan trotoar koridor Jalan Jend. Sudirman-Jl. MH Thamrin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (6/3).

Menurutnya, dalam konsepnya ada jalur untuk Transjakarta, tiga jalur untuk kendaraan roda empat, satu jalur kendaraan roda dua, dan kendaraan umum lainnya. “Trotoar yang ada akan lebar dan dibuat menjadi tempat yang nyaman bagi para pejalan kaki,” paparnya.

Di jalur ini, kata dia, juga akan disiapkan tempat tempat untuk kegiatan seni dan budaya, bahkan pada perancangannya pun sudah dengan memasukan nuansa kebudayaan Nusantara.

“Bahkan Jl. Jend. Sudirman dan Jl. MH. Thamrin ini kita sebut sabuk Nusantara, karena di sana ada ruang-ruang ekspresi berbagai budaya Nusantara,” imbuhnya.

Pihaknya juga ingin menjadikan tempat tersebut menjadi tempat pembelajaran, fasilitas fasilitas utilitas yang ada di bawah trotoar dan yang ada di bawah jalan akan disiapkan tempat-tempat untuk bisa dilihat, sehingga ada transparansi.

“Itu nanti anda bisa lihat, ada ruang-ruang kaca yang akan bisa dilihat, sehingga anak-anak sekolah atau bagi kita bisa menyaksikan apa saja yang ada di bawah Jl. Sudirman dan Jl. Thamrin atau di bawah trotoar,” terangnya.

Disebutkan, koridor ini menjadi koridor tranportasi, privat, transportasi kendaraan umum, juga koridor untuk pejalan kaki, sepeda, dan juga koridor kebudayaan, juga koridor untuk pembelajaran.

“Jadi kita nanti melihat wajah Jl. Sudirman dan Jl MH. Thamrin yang berbeda. Prosesnya sudah dimulai, dan kita berharap bisa selesai sebelum Asian Games, di akhir Juli 2018 yang akan datang,” ungkapnya. (rud)