Asian Games 2018

Kastara.id, Batam – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) mengatakan terus mempersiapkan para atletnya yang akan bertanding pada Asian Games XVIII yang akan dibuka ‪pada 18 Agustus 2018‬. Dalam pesta olahraga Asia tersebut, untuk Cabang Olahraga Dayung akan dipertandingkan rowing, kano/kayak, dan perahu naga.

“Dengan segala tantangan dan kesulitan yang dihadapi, kita tetap laksanakan latihan untuk meraih medali emas pada Asian Games XVIII mendatang. Para pengurus PODSI harus solid dan iklas bekerja, apapun akan kita bisa lalui bersama. Kita bersyukur usulan yang kita sampaikan kepada Inasgoc dan OCA disetujui untuk mempertandingkan perahu naga. Harus kita siapkan agar mendapatkan hasil sesuai target,” kata Menteri Basuki dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional PODSI dengan tema “Dengan Soliditas Organisasi Raih Sukses Asian Games 2018 Menuju Olympiade 2020″ di Kota Batam, ‪2-4 Maret 2018‬.

Pembukaan Rakernas dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana dan dihadiri oleh para Pengurus Provinsi Podsi dari seluruh Indonesia. Turut hadir dalam pembukaan Rakernas yakni Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Ketua KONI yang diwakili Wakil II Bidang Pembinaan Organisasi Riyanto, Ketua KOI diwakili Plt. Sekjen KOI Hellen Sarita Delima.

Empat Wakil Ketua Umum PODSI juga hadir dalam Rakernas yakni Aan Kurnia, Hari Sidharta, Budiman Setiawan dan Imam Santoso yang juga menjabat sebagai Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso serta Sekjen PODSI Edy Suyono.

Waduk Jatiluhur dan Situ Cileunca, Pengalengan, menjadi lokasi latihan para atlet dayung dan direncanakan tiga bulan menjelang Asian Games XVIII juga akan berlatih di Eropa untuk rowing dan kano. Untuk perahu naga, Menteri Basuki menyampaikan akan digelar Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden sebelum penyelenggaraan Asian Games.

Dalam mendukung Asian Games XVIII, Kementerian PUPR telah menyelesaikan berbagai pembangunan venue olahraga baik di Jakarta maupun Palembang salah satunya venue dayung di Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang.

Menteri Basuki mengatakan venue dayung yang dibangun merupakan salah satu venue dayung terbaik di Asia. Venue dayung memiliki panjang 2200 meter dengan lebar 200 meter yang dilengkapi dengan tribun penonton dan menara start-finish. Kawasan sekitar venue juga dilakukan penataan sehingga menjadi rapi dan hijau sekaligus menjadi ruang terbuka hijau di Kota Palembang.

Sebelum pelaksanaan Rakernas, Menteri Basuki melakukan pengukuhan dan pelantikan Pengurus Provinsi (Pengprov) Kepulauan Riau masa bakti 2017-2021 dengan Ketua Awang Herman. Menteri Basuki kepada para pengurus menyampaikan untuk dilakukan pembinaan atlet daerah Kepri yang berkesinambungan sehingga bisa menghasilkan atlet-atlet dayung berprestasi terlebih Kepri merupakan provinsi kepulauan.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki yakni Inspektur Jenderal Rildo Ananda Anwar, Direktur Sungai dan Pantai Hari Suprayogi, Kepala BWS Sumatera IV Ismail Widadi dan Kepala BPJN IV Junaidi. (nad)