Kastara.id, Jakarta – Massa unjuk rasa mendesak kepolisian menuntaskan penanganan perkara terkait puisi Sukmawati Soekarnoputri “Ibu Indonesia”, yang dianggap menyinggung pemeluk Islam. Mereka memadati kantor Badan Reserse Kriminal Polri di Jalan Medan Merdeka Timur Jakarta, Jumat (6/4) siang, serta sempat mengumandangkan azan dan ayat suci Alquran.

Para pengunjuk rasa menilai puisi Sukmawati Soekarnoputri menghina Islam karena membandingkan konde dengan cadar, dan kidung dengan azan.

Usai salat Jumat di Masjid Istiqlal, mereka bergerak menuju Bareskrim, memadati Jalan Medan Merdeka Timur dari kedua arah. Di antaranya ada yang membawa atribut dan panji organisasi massa Islam seperti Front Pembela Islam, Laskar Pembela Islam, dan Persaudaraan Muslimin Indonesia.

Dengan terhambatnya lalu lintas, membuat banyak pengendara, terutama dari arah Masjid Istiqlal, terpaksa berbalik arah. Demikian pula dengan pengendara dari arah Patung Pak Tani juga memilih berbelok ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Diperkirakan jumlah pengunjuk rasa sekitar 1.000-an orang. (rud)