Ini Budi

Kastara.ID, Jakarta – Untuk anak-anak Indonesia, ada serial animasi berjudul ‘Ini Budi’. Film ini aman ditonton keluarga Indonesia. Serial animasi asli buatan Indonesia ini hadir dan diharapkan bisa menjadi hiburan bagi anak-anak.

Robert Ronny, pendiri Paragon Pictures, mengakui bahwa ia adalah salah satu orang yang mencetuskan dibuatnya seri animasi Ini Budi.

“Mulanya, kita lihat konten anak Indonesia yang dibuat oleh animator Indonesia itu masih kurang. Setelah diskusi singkat, akhirnya kita buat serial animasi ini,” ungkap Robert dalam konferensi pers virtual (5/3).

Robert Ronny juga menguraikan bahwa ia adalah orang yang menginisiasi kata Ini Budi sebagai judul animasi. Dirinya terinspirasi dari buku pelajaran membaca yang didapatnya di sekolah.

“Ingat banget, nama Budi itu amat sangat Indonesia, ya. Jadi, pas proses mencari judul, daripada cari sesuatu yang susah, lebih baik kita balik ke roots kita untuk memudahkan,” kata Robert.

“Kata Ini Budi, kan, juga sudah dikenal banget dari buku belajar membaca anak dan Indonesia banget. Jadi, ini bisa memberi tahu kalau ini tayangan anak Indonesia dan dibuat oleh orang Indonesia,” sambungnya.

Akan halnya tema, tim sepakat untuk mengangkat tentang Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan dari negara Indonesia. Ronny menjelaskan alasannya.

“Saya rasa, kebhinnekaan itu sudah harus ditanamkan sejak kecil. Untuk anak, saya rasa cara yang paling efektifnya adalah melalui animasi 3D,” tuturnya.

Produser dari Paragon Pictures, Ellen, menjelaskan bahwa Ini Budi akan terdiri atas 24 episode yang masing-masing berdurasi satu menit. Menurutnya, durasi singkat itu adalah yang paling tepat untuk Ini Budi.

“Karena ini akan tayang di Instagram dan YouTube, jadi durasi segitu pas sekali. Biarpun terkesan pendek, semoga orang bisa terima message-nya. Semoga juga bisa diikuti dengan seru dan semoga komedinya bsa diterima ya,” ujarnya.

Ellen menguraikan berapa lama proses penggarapan seri animasi Ini Budi. Dari penuturannya itu  terungkap kalau ternyata, proses yang dilakoni cukup panjang.

“Proses produksinya panjang. Persiapannya itu sudah dari satu tahun lalu. Ketemu Ayu itu di bulan Oktober dan dari situ lanjut ngobrol. Setelah mendapat dukungan, Paragon siap jalan dan langsung mulai produksi,” ungkapnya.

Ini Budi disutradarai oleh komikus Iskandar Salim. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Paragon Pictures, Ideasource Entertainment, Indika Foundation, dan inibudi.org.

Serial akan mengisahkan tentang persahabatan lima anak dari latar belakang yang beragam, yakni Budi, Iwan, Wati, Ni Luh, dan Beta. Ada pula sosok Ibu Nur yang suaranya diisi oleh Inul Daratista.

Semua episode Ini Budi bisa disaksikan secara gratis di Instagram @kartuninibudi dan YouTube Kartun Ini Budi mulai Selasa (6/4). Rencananya, episode terakhir akan rilis bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli mendatang. (issahib)