Kastara.id, Jakarta – Mengawali Sidang Paripurna ke-12 DPD RI Masa Sidang V 2016-2017, Pimpinan DPD RI mengajak para senator untuk dapat lebih peka terhadap perkembangan kondisi di tengah-tengah masyarakat. Terutama aksi terorisme yang terjadi di Kampung Melayu beberapa waktu lalu.

“Memasuki hari ke-11 puasa, kami berharap kita semakin peka terhadap berbagai isu yang berkembang di masyarakat. Terorisme sebagaimana yang terjadi di Kampung Melayu Jakarta Timur yang memakan korban yang tidak berdosa telah membuat kita prihatin,” kata Ketua DPD RI Oesman Sapta saat membuka sidang paripurna di Gedung Nusantara V, Jakarta, Selasa (6/6).

Ia menambahkan, terlebih dengan adanya serangan milisi Maute yang berafiliasi dengan ISIS ke Kota Marawi, Mindanao, Filipina Selatan, yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Untuk itu Pemerintah Indonesia khususnya aparat agar memperketat penjagaan di daerah perbatasan Filipina-Indonesia. “Kami berharap anggota DPD RI yang berada di daerah-daerah border untuk dapat melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar senator asal Kalimantan Barat itu.

Selain itu, DPD RI juga mengecam keras segala bentuk terorisme dan gerakan radikal lainnya termasuk persekusi. “Kami berharap aparat penegak hukum dapat bertindak tegas demi memberikan perlindungan kepada masyarakat,” kata Oesman Sapta.

Di samping itu, terkait beberapa permasalahan yang seringkali terjadi di masyarakat, khususnya menjelang hari raya. Seperti peningkatan harga bahan makanan pokok dan peningkatan arus transportasi lebaran. “Pimpinan DPD meminta kepada Komite II untuk terus melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan kementerian terkait guna mengatasinya,” ujar Oesman Sapta.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD RI DR. Oesman Sapta juga memandu sumpah dan melantik anggota DPD RI asal Provinsi Papua Barat, Chaidir Djafar. Pelantikan tersebut setelah terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67/P Tahun 2017 tentang Peresmian Anggota Dewan Perwakilan Daerah dan Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019, sesuai Pasal 10 ayat (2) Tata Tertib DPD RI.

“Kami menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada Saudara Chaidir Djafar di DPD. Kami berharap dengan kehadiran saudara akan memperkuat perjuangan DPD dalam membangun daerah, khususnya  dari daerah yang saudara wakili,” kata Oesman Sapta. (lana)