Lorenzo Resmi Dikontrak Repsol Honda Gantikan Pedrosa

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo (Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda). (LAT Images)

Kastara.id, Jakarta – Tim Repsol Honda telah mengumumkan secara resmi bahwa pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, pada musim depan akan bergabung bersama kompatriotnya, Marc Marquez, dengan kontrak berdurasi dua tahun.

“Mulai 2019, Lorenzo akan menjadi rekan setim untuk juara dunia empat kali MotoGP Marc Marquez. Dua juara hebat dengan bakat hebat dan harapan tinggi yang akan membuat tim lebih kuat dan berkontribusi pada pengembangan HRC,” demikian pernyataan Honda seperti yang dilansir Autosports.

Lorenzo yang menyandang juara dunia MotoGP tiga kali itu menggantikan posisi Dani Pedrosa yang memutuskan berpisah setelah 13 musim bersama Honda di kelas utama MotoGP.

Lorenzo sendiri pernah memperkuat tim pabrikan Honda saat membalap di kelas 250cc pada 2005 dengan meraih posisi lima di klasemen akhir. Lorenzo menembus kelas MotoGP pada 2008 dan selama sembilan tahun bersama Yamaha telah memenangkan gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2010, 2012, dan 2015.

Baca Juga:  Marquez Komentari Pembatalan MotoGP Inggris

Pria kelahiran Palma, Spanyol, 31 tahun lalu itu, kemudian hengkang dari Yamaha untuk bergabung bersama Ducati pada tahun 2017. Lorenzo terus dirundung kesulitan tampil cemerlang bersama pabrikan Italia itu. Dirinya baru bisa merasakan kemenangan pertamanya pada MotoGP Mugello pekan lalu setelah permintaan mengubah desain tangki dipenuhi Ducati.

Sampai saat ini, Lorenzo masih tercecer di posisi 10 klasemen MotoGP. Ia masih defisit 54 poin dari Marc Marquez yang memuncaki klasemen sementara.

Lorenzo sendiri sebenarnya diminati pihak Suzuki pada awal musim ini. Namun kabarnya Suzuki akan merampungkan kesepakatan dengan pembalap Moto2, Joan Mir, untuk menggantikan Andrea Iannone yang diprediksi akan bergabung ke Aprilia. (nad)