Soekarno

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri secara meresmikan patung Bung Karno di depan gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Ahad (6/6).

Prabowo mengatakan, patung tersebut dibuat untuk mengenang momen Soekarno saat menjadi inspektur upacara dalam Hari Angkatan Perang pertama, 5 Oktober 1946 silam. Soekarno sebagai panglima tertinggi pertama di Indonesia memimpin upacara tersebut dengan menunggang kuda.

“Karena itulah Kementerian Pertahanan merasa bangga untuk membuat patung di mana panglima tertinggi kita pertama di atas kuda,” ungkap Prabowo, Ahad (6/6).

Prabowo juga mengatakan, peresmian patung tersebut juga bertepatan dengan hari lahir Soekarno. Proklamator kemerdekaan itu lahir pada 6 Juni 1901 di Peneleh, Surabaya.

Megawati sebagai salah satu perwakilan keluarga mengapresiasi Kemenhan atas pendirian patung Bung Karno naik kuda.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada bapak Menhan Prabowo dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini,” ucap Megawati.

Mega juga mengenang momen bersejarah di balik patung tersebut. Saat itu, ia diceritakan oleh ibu-nya Fatmawati bahwa Soekarno awalnya tidak bisa menunggang kuda.

Namun, demi memimpin upacara itu, Soekarno minta dicarikan kuda yang jinak dan belajar menungganginya. “Jadi tidak ada saya bayangkan mendengar cerita ibu saya itu bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak,” tandasnya. (ant)