Hari Keluarga Nasional

Kastara.id, Manado – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Elly Farida mendapatkan apresiasi Manggala Karya Kencana Tahun 2018 pada Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Manado, Sulawesi Utara.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani menyerahkan langsung penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kepeloporan bidang kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

“Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat dalam upaya mewujudkan Kota Depok yang ramah keluarga dan layak anak, menuju Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius,” ujar Elly Farida.

Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni berupaya mengingatkan masyarakat Indonesia pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Tema yang diusung pada peringatan Harganas XXV tahun ini adalah ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua’ dengan tagline ‘Cinta Keluarga Cinta Terencana, Cinta Indonesia’. Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusuri melalui berbagi indikator sebagai cermin pelaksanaan delapan fungsi keluarga yang tercantum dalam PP No 87/2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga.

Menurut Elly, pencapaian keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh stakeholder yang ada di Kota Depok. Menurutnya, ini merupakan niat kita bersama untuk mewujudkan keluarga bahagia sejahtera di Kota Depok dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga.

“Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan,” pungkas Elly. (rud)