Macet

Kastara.ID, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran secara khusus menyoroti kemacetan yang kerap disebabkan oleh parkir liar di sejumlah kawasan ibukota. Dia menilai hal ini justru menjadi penyebab macet.

Pernyataan tersebut disampaikan Fadil Imran saat memimpin rapat analisis dan evaluasi (anev) yang digelar di Polda Metro Jaya, Senin (4/7). Dia meminta Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

“Kemacetan-kemacetan itu Pak Rusdy coba diidentifikasi. Cari di mana titik-titik yang selalu macet tapi dianggap menjadi sebuah kebiasaan. Padahal sebenarnya macet itu bisa diurai,” ungkap Fadil seperti dilihat dari laman akun Instagram @kapoldametrojaya, Rabu (6/7).

Fadil mengatakan, sejumlah titik yang kerap menjadi langganan macet karena maraknya parkir liar antara lain Jalan Senopati dan Jalan Suryo, Jakarta Selatan. Dia bahkan meminta anggotanya bertindak tegas dalam menertibkan parkir liar di jalan.

“Contoh di sepanjang Jalan Suryo dan di sepanjang Jalan Senopati, kalau bisa setiap hari diderek itu mobil yang parkir (sembarangan) di depan,” tandasnya.

Jenderal bintang dua ini juga meminta jajarannya bertindak tegas untuk mengurai kemacetan tersebut. Dia juga menginstruksikan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk membuat posko lalu lintas di titik yang kerap macet karena parkir liar.

“Kalau perlu ada posko lalu lintas bersama DLLAJR di situ. Saya akan lihat mulai hari ini ke depan. Saya mau Anda taruh derek di situ, Anda taruh anggota di situ, begitu ada yang parkir sembarangan, tarik. Macet kok dibiarkan,” seru Fadil.

“Nah di tempat lain juga di Jaksel, Jakut, Jaktim khususnya di tempat-tempat yang sangat mengganggu kepentingan umum,” sambungnya.

Fadil meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk memberikan perhatian khusus maraknya parkir liar. Pasalnya, fenomena ini menyebabkan kemacetan dan sangat menggangu pengguna jalan lainnya.

“Saya minta teman-teman di lalu lintas sudah mulai berbicara bagaimana mengurai kemacetan. Kalau macet karena volume bukan macet ya terjadi peningkatan, nggak apa-apa,” terangnya.

“Tapi kalau macet karena memang parkir sembarangan, padahal sudah ada pedestrian itu yang menurut saya harus kita tertibkan,” imbuhnya. (ant)